9. Ide pokok pada paragraf tersebut adalah …

Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 9-11!
Kandungan mikroplastik sudah ditemukan di dalam garam laut sejak bertahun-tahun lalu. Namun, selama ini belum terungkap berapa banyak kandungan materil tersebut pada bumbu masak yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Mikroplastik adalah potongan kecil dari plastik yang dapat mencemari lingkungan. Sifat plastik yang tak lebur selama bertahun-tahun menyebabkan partikel itu dapat tertelan dan masuk serta terakumulasi di dalam tubuh dan jaringan organisme. Sebuah hasil penelitian terbaru yang dilansir laman Nasional Geographic menginformasikan bahwa kandungan mikroplastik ditemukan pada 90% merek garam meja atau dapur yang diteliti dari seluruh dunia.
9. Ide pokok pada paragraf tersebut adalah …

Ide pokok pada paragraf tersebut adalah pencemaran kandungan mikroplastik pada garam.

Yuk kita simak pembahasan berikut.

Ide pokok adalah ide atau gagasan yang menjadi inti pembahasan serta dasar dalam mengembangkan sebuah paragraf.

Ide pokok terletak di kalimat utama dan biasanya terdapat di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), maupun awal dan akhir paragraf (campuran).

Cara menentukan ide pokok adalah sebagai berikut.
1. Membaca keseluruhan paragraf secara cermat.
2. Menentukan kalimat utama, apakah terletak di awal paragraf (deduktif), akhir paragraf (induktif), atau awal dan akhir paragraf.
3. Pastikan bahwa kalimat utama tersebut merupakan kalimat yang lengkap tanpa menggunakan kata hubung.
4. Pastikan juga bahwa kalimat utama tersebut memuat informasi penting yang berkaitan dengan kalimat penjelas lainnya.
5. Simpulkan ide pokok berdasarkan kalimat utama tersebut.

Pada soal di atas terdapat paragraf yang membahas tentang mikroplastik. Kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat awal dan akhir paragraf, yaitu “Kandungan mikroplastik sudah ditemukan di dalam garam laut sejak bertahun-tahun lalu.” dan “Sebuah hasil penelitian terbaru yang dilansir laman Nasional Geographic menginformasikan bahwa kandungan mikroplastik ditemukan pada 90% merek garam meja atau dapur yang diteliti dari seluruh dunia.”

Baca Juga :  Banteng diartikan sebagai hewan sosial yang suka a. berkumpul dan bertarung b. berkumpul dan bergerombol c. bergerombol dan bertarung c. bergerombol dan berkerumun​

Berdasarkan kalimat utamanya maka ide pokok pada paragraf tersebut adalah pencemaran kandungan mikroplastik pada garam.

Dengan demikian, ide pokok pada paragraf tersebut adalah pencemaran kandungan mikroplastik pada garam.