Breaking News

Sebanyak 12 liter gas H₂ (RTP) dimasukkan ke dalam suatu tabung berisi 14 gram gas N₂. Bedasarkan reaksi: 3H₂ + N₂ → 2NH₃, maka pereaksi pembatas dan yang tersisa secara berurutan adalah: …. (Ar H = 1; N = 14

Sebanyak 12 liter gas H₂ (RTP) dimasukkan ke dalam suatu tabung berisi 14 gram gas N₂. Bedasarkan reaksi: 3H₂ + N₂ → 2NH₃, maka pereaksi pembatas dan yang tersisa secara berurutan adalah: …. (Ar H = 1; N = 14)

maka pereaksi pembatas dan yang tersisa secara berurutan adalah H2 dan N2.

Ayo simak pembahasan berikut agar lebih paham.

Stoikiometri adalah bagian dari ilmu kimia yang membahas tentang hubungan kuantitatif zat-zat kimia dalam reaksi. Pereaksi pembatas adalah sebutan untuk reaktan yang habis bereaksi.

mol H2 = volume / 24 L/mol (pada keadaan RTP)
mol H2 = 12 L / 24 L/mol
mol H2 = 0,5 mol

Mr N2 = 2xAr N = 2 x 14 g/mol = 28 g/mol
mol N2 = massa/Mr
mol N2 = 14 g/28 g/mol
mol N2 = 0,5 mol

Reaksi MRS disajikan pada lampiran di bawah. Berdasarkan reaksi tersebut, diperoleh bahwa gas H2 habis bereaksi dan terdapat sisa gas N2 sebanyak 0,33 mol.

Jadi, pereaksi pembatas dan yang tersisa secara berurutan adalah H2 dan N2.

Sebanyak 12 liter gas H₂ (RTP) dimasukkan ke dalam suatu tabung berisi 14 gram gas N₂. Bedasarkan reaksi: 3H₂ + N₂ → 2NH₃, maka pereaksi pembatas dan yang tersisa secara berurutan adalah: .... (Ar H = 1; N = 14

Baca Juga :  Anak yang terlalu sering menggunakan gawai akan menjadi tidak peduli terhadap lingkungan sekitar. Kemampuan dalam memahami perasaan orang lain juga berkurang karena seharusnya anak lebih banyak pembelajaran secara konkret.