Terdapat bermacam-macam jenis buah pada tumbuhan berbunga. Di antara contoh buah berikut ini yang TIDAK mengandung bagian perhiasan bunga adalah

Terdapat bermacam-macam jenis buah pada tumbuhan berbunga. Di antara contoh buah berikut ini yang TIDAK mengandung bagian perhiasan bunga adalah
a. Buah Apel
b. Buah Nangka
c. Buah Nanas
d. Buah Jambu Air
e. Buah Jeruk

Jawabannya adalah E.

Bunga merupakan alat perkembangbiakan yang hanya dimiliki oleh kelompok tumbuhan Angiosperma. Sementara itu, buah adalah salah satu karakter khas (apomorfi) pada Angiospermae, dimana terdapat berbagai jenis buah.

Berdasarkan perkembangannya, terdapat 4 jenis buah:
– Buah sederhana. Bagian yang biasa kita makan pada jenis buah ini berkembang dari satu ovarium di satu bunga. Contoh dari buah tipe ini adalah buah jeruk yang merupakan buah tipe hesperidium.

– Buah agregat. Bagian yang biasa kita makan pada jenis buah ini adalah kumpulan dari unit-unit buah. Buah ini berkembang dari satu bunga, namun lebih dari satu ovarium. Contoh dari buah tipe ini adalah pada buah strawberry.

– Buah majemuk. Bagian yang biasa kita makan pada jenis buah ini adalah pembuahan dari beberapa bunga (perbungaan) dan perhiasan bunganya tidak gugur setelah pembuahan. Contoh dari buah tipe ini adalah pada buah nanas dan nangka. Nanas merupakan buah tipe sorosis, dimana tiap bunganya berkembang menjadi unit buah tipe berri.

– Buah aksesoris. Bagian yang biasa kita makan pada jenis buah ini adalah bagian selain ovarium (ada bagian yang berasal dari perhiasan bunga). Contoh dari buah tipe ini adalah pada buah apel. Apel merupakan buah yang sebagian besar berkembang dari hipantium, dimana ovarium bunganya merupakan tipe inferior (tenggelam di bawah perhiasan bunga).

π‘±π’‚π’…π’Š, π‘±π’‚π’˜π’‚π’ƒπ’‚π’π’π’šπ’‚ 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 𝑬.

Baca Juga :  Diketahui jarak sebuah peta sama dengan 5 cm, sedangkan jarak sebenarnya 1 km Hitunglah skala peta tersebut!​