Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat ke ….

Nutrisi yang baik dan cukup sangat penting bagi manusia, terutama untuk pertumbuhan remaja. Banyak remaja dengan pola makan yang tidak sehat dan kurang nutrisi, sehingga menimbulkan masalah bagi kesehatan. Salah satu masalah tersebut adalah anemia. Padahal di masa remaja ini, tubuh membutuhkan kadar zat besi yang cukup guna mendukung perkembangan selama pubertas. Terutama bagi remaja perempuan akan mengalami menstruasi, di mana tubuh kehilangan darah dalam jumlah yang cukup banyak. Memperbaiki pola makan dengan memperhatikan nutrisi akan membuat tubuh lebih sehat dan mendukung perkembangan remaja.
Disadur dari : https://hellosehat.com/parenting/remaja/kesehatan-remaja/kebutuhan-gizi-remaja), diunduh 21 Oktober 2021

Ide pokok paragraf tersebut terdapat pada kalimat ke ….

Ide pokok pada teks di atas terdapat pada kalimat pertama.

Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Gagasan utama atau ide pokok merupakan pokok pengembangan sebuah paragraf. Gagasan utama dapat ditemukan di awal, di akhir, maupun di awal dan di akhir paragraf.

Langkah-langkah menentukan gagasan utama dalam paragraf adalah sebagai berikut.
1. Membaca seluruh paragraf dengan cermat.
2. Memahami kalimat pertama sampai kalimat akhir.
3. Menandai info penting.
4. Menentukan gagasan utama (ide pokok) dalam paragraf.

Berdasarkan penjelasan di atas, gagasan utama teks di atas terletak di awal paragraf pada kalimat pertama yang berbunyi “Nutrisi yang baik dan cukup sangat penting bagi manusia, terutama untuk pertumbuhan remaja”.
Kalimat tersebut mengandung gagasan utama karena merupakan pokok pengembangan paragraf. Kalimat berikutnya merupakan pengembangan atau penjelasan lebih lanjut mengenai pentingnya nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan remaja.

Dengan demikian, ide pokok pada teks di atas terdapat pada kalimat pertama.

Daftar isi