Breaking News

Cerpen tersebut mengandung unsur ekstrinsik dengan unsur nilai paling menonjol nilai …

Perhatikan cerpen berikut!

Tiba-tiba aku dikejutkan seseorang yang memegang pundakku. Dia Simpai Aidi. “Bagus, aku tahu kau dalam masalah. Jangan latihan dalam keadaan emosi. Kembalilah ke rumah, tak baik meninggalkan orang tua yang bermasalah,” bujuk Simpai Aidi sambil memberikan sebotol aqua untuk melepas lelahku. Sebuah handuk kecil dilingkarkan di pundakku.

Simpai Aidi tempatku mencurahkan segala yang menyesakkan dadaku setelah Allah. Jika aku berlatih dan menjerit dalam gelanggang tahulah Simpai Aidi kalau masalah tak tertahankan olehku. Simpai Aidi akan menasihatiku, memberi semangat hidup. Setelah itu aku akan kembali ke rumah membawa tubuhku yang kokoh dan kerapuhan jiwaku.

Cerpen tersebut mengandung unsur ekstrinsik dengan unsur nilai paling menonjol nilai …

a. nilai agama dan patriotismes

b. nilai moral dan sosial

c. nilai religuis dan moral

d. nilai estetika dan sosial

Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B.

Yuk kita simak pembahasan berikut.

Cerpen adalah karya sastra yang menggambarkan kisah satu tokoh dalam satu situasi yang ditulis secara singkat, padat, dan jelas, serta bersifat fiksi. Di dalam cerpen biasanya terdapat unsur ekstrinsik.

Unsur ekstrinsik merupakan unsur-unsur yang berasal dari luar cerita, namun secara tidak langsung tetap memengaruhi proses pembuatan sebuah cerita. Salah satu unsur ekstrinsik adalah nilai-nilai kehidupan.

Nilai-nilai kehidupan merupakan nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah cerita, berupa perbuatan baik atau buruk yang dapat dijadikan pembelajaran bagi pembaca.

Beberapa nilai kehidupan dalam cerita adalah sebagai berikut.
1. Nilai moral, yaitu nilai-nilai dalam cerita yang berkaitan dengan akhlak atau etika yang berlaku di dalam masyarakat.
2. Nilai budaya atau adat, yaitu nilai-nilai yang berkenaan dengan nilai-nilai kebiasaan, tradisi, dan adat istiadat yang berlaku.
3. Nilai agama atau religius, yaitu nilai-nilai dalam cerita yang berkaitan dengan agama, misalnya hubungan antara manusia dengan Tuhannya.
4. Nilai sosial, yaitu nilai yang bisa dipetik dari interaksi-interaksi tokoh-tokoh yang ada di dalam cerita dengan tokoh lain, lingkungan, dan masyarakat sekitar tokoh.
5. Nilai estetika, yaitu nilai-nilai dalam cerita yang berkaitan dengan segi keindahan, baik itu keindahan bahasa, keistimewaan tokoh, penyampaian cerita, maupun latar cerita.
6. Nilai patriotisme, yaitu nilai-nilai dalam cerita yang berkaitan dengan rela berkorban serta cinta pada tanah airnya.

Baca Juga :  Tuliskan pengertian kata kerja mental, lalu tuliskan 5 contoh kata kerja mental!

Pada soal di atas terdapat sebuah cerpen. Cerpen tersebut mengandung unsur ekstrinsik dengan unsur nilai paling menonjol adalah nilai religius dan nilai moral. Berikut penjelasannya.
– Nilai moral dibuktikan dengan kalimat “Bagus, aku tahu kau dalam masalah. Jangan latihan dalam keadaan emosi. Kembalilah ke rumah, tak baik meninggalkan orang tua yang bermasalah”. Kalimat tersebut merupakan nilai moral karena berkaitan dengan akhlak atau etika di masyarakat, tepatnya pada kutipan “Tak baik meninggalkan orang tua yang bermasalah”
– Nilai sosial dibuktikan dengan kalimat “Simpai Aidi akan menasihatiku, memberi semangat hidup.” Pada kalimat tersebut terdapat kata menasihati dan memberi semangat yang merupakan interaksi antara tokoh aku dengan Simpai Adi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah B.