Kisah nabi adam

kisah nabi adam

Jawabannya sebagaimana penjelasan berikut.

Simak penjelasan berikut.

Nabi Adam adalah manusia pertama di muka bumi. Beliau diciptakan Allah dari tanah kemudian dibentuk sedemikian rupa hingga menjadi sosok atau bentuk yang sempurna, lalu barulah ditiupkan ruh kepada nabi Adam. Nabi Adam ialah cikal bakal seluruh umat manusia.

Allah mengajarkan nama-nama segala sesuatu kepada nabi Adam. Setelah nabi Adam pandai, Allah memanggil sekalian Malaikat dan setan serta menanyakan pada mereka nama-nama segala sesuatunya.

Setelah mengetahui nama-nama segala sesuatu, Allah pun menyuruh Nabi Adam untuk menerangkan nama-nama segala sesuatu yang telah diajarkan dan Allah menyuruh agar mereka semua sujud kepada Nabi Adam. Semua malaikat bersujud kepada Nabi Adam, kecuali Iblis. Iblis pun diusir dari syurga dengan menyimpan kebencian dan dendam pada manusia.

Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam untuk menjadi pasangannya dan mereka diperkenankan berdiam di dalam syurga dan boleh makan apa saja kecuali dilarang mendekati sebuah pohon kayu (pohon Khuldi). Jika Adam dan Hawa melanggar larangan itu, maka mereka menjadi orang-orang yang aniaya.

Setan yang mendendam terhadap Adam, berdaya upaya untuk menghasut Adam. Mereka memperdaya Adam dan Hawa dengan kata-kata “Allah melarang kalian makan buah ini adalah supaya kau tidak dapat menjadi Malaikat dan agar kau tidak kekal tinggal didalam syurga”. Untuk mengukuhkan tipu dayanya, setan bersumpah atas nama Allah. Akhirnya tergelincirlah Adam dan Hawa. Mereka terbujuk oleh tipu daya setan.

Setelah menyadari kesalahannya, Adam dan Hawa pun menangis memohon ampunan. Sesuai dengan rencana Allah untuk menjadikan Adam sebagai khalifah dimuka bumi, maka keduanya pun diturunkan kebumi dengan berlainan tempat yang jaraknya sangat jauh. Mereka pun saling mencari, Sehingga akhirnya bertemu setelah lama sekali berpisah, yaitu dipadang Arafah. Bahkan sampai sekarang para jemaah Haji diwajibkan untuk wuquf (berhenti) ditempat tersebut sebagai salah satu rukun Haji. Selama hidupnya Hawa melahirkan sebanyak dua puluh satu kali. Setiap kali melahirkan selalu kembar, terdiri dari seorang anak lelaki dan seorang anak perempuan. Kecuali yang terakhir yang kemudian menjadi Nabi, Syits namanya.

Baca Juga :  Pada membuat kover, setelah menentukan tema, maka langkah selanjutnya adalah membuat...

Hal yang terjadi diantara anak Nabi Adam a.s. yang bernama Iqlima, yang mana Iqlima merupakan seorang wanita yang tercantik dari pada Labuda. Iqlima lahir kembar dengan Qabil, dan Labuda lahir kembar dengan Habil. Qabil tetap ingin menikahi saudaranya yaitu Iqlima, akan tetapi ayahnya Nabi Adam a.s. menolak keputusan Qabil tersebut. Karena Iqlima harus dikawinkan dengan Habil. Munculah nafsu untuk membunuh pada diri Qabil, yaitu untuk membunuh Habil. Setelah Qabil membunuh Habil maka Qabil pun merasa bingung dan bagaimana cara menyelengarakan mayat saudaranya itu.

Saat ia kebingungan maka Allah s.w.t. memperlihatkan kepadanya dua ekor burung gagak berkelahi dan seekor diantaranya mati terbunuh, maka yang masih hidup menggali tanah lalu bangkai kawannya itu dikuburkan kedalam lubang yang kemudian ditimbuninya. Melihat perbuatan burung itu, Qabil dapat menguburkan mayat saudaranya. Itu menjadikan Habil adalah manusia yang petama kali meninggal dimuka bumi ini.

Nabi Adam meninggal pada usia kurang lebih seribu tahun.

Jadi, jawabannya, yaitu sebagaimana penjelasan diatas.