Laju suatu reaksi kimia meningkat apabila ukuran partikel diperkecil sebab ukuran partikel yang lebih kecil menyebabkan luas kontak antar reaktan menjadi lebih kecil

Laju suatu reaksi kimia meningkat apabila ukuran partikel diperkecil
sebab
ukuran partikel yang lebih kecil menyebabkan luas kontak antar reaktan menjadi lebih kecil

Jawaban yang benar adalah C. Pernyataan benar dan alasan salah

Laju reaksi merupakan perubahan konsentrasi per satuan waktu. Suatu reaksi kimia dapat terjadi karena adanya tumbukan antar partikel yang bereaksi. Beberapa faktor yang mempengaruhi laju suatu reaksi berdasarkan teori tumbukan adalah konsentrasi, luas permukaan, suhu, dan katalis. Berikut ini adalah penjelasan mengenai faktor luas permukaan terhadap laju reaksi :
Luas permukaan bidang sentuh/ukuran dari suatu partikel akan mempengaruhi laju reaksi. Semakin kecil ukuran suatu partikel maka semakin besar luas permukaan bidang sentuh dari partikel tersebut karena semakin banyak sisi yang dapat bertumbukan dengan partikel lain sehingga dapat meningkatkan terjadinya tumbukan antar partikel yang menyebabkan laju reaksi juga akan semakin meningkat.

Penyataan : laju suatu reaksi kimia meningkat apabila ukuran partikel diperkecil adalah benar. Sedangkan alasan ukuran partikel yang lebih kecil menyebabkan luas kontak antar reaktan menjadi lebih kecil adalah salah, seharusnya semakin kecil ukuran partikel menyebabkan luas kontak antar reaktan menjadi lebih besar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. Pernyataan benar dan alasan salah

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Sand dunes (gumuk pasir) merupakan hasil endapan dari….