Gerakan perempuan terpelajar berkembang dengan cepat di berbagai daerah di Indonesia, perempuan turut aktif dan berafiliasi dengan organisasi dan partai politik dengan tujuan….

Gerakan perempuan terpelajar berkembang dengan cepat di berbagai daerah di Indonesia, perempuan turut aktif dan berafiliasi dengan organisasi dan partai politik dengan tujuan….
a. mewujudkan kemerdekaan
b. mengembangkan wawasan politik
c. memperkuat gerakan kebangsaan
d. mendorong emansipasi perempuan
e. memperjuangkan hak-hak perempuan

Jawaban: “C”

Pembahasan:
Peran perempuan dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia melalui eksistensi organisasi pergerakan perempuan pada awal abad ke-20 Masehi. Gerakan perempuan terpelajar berkembang dengan cepat di berbagai daerah di Indonesia, perempuan turut akrif dan berafiliasi dengan organisasi dan partai politik dengan tujuan memperkuat gerakan kebangsaan. Latar belakang munculnya organisasi pergerakan perempuan di Indonesia berkaitan dengan penerapan kebijakan Politik Etis oleh pemerintah kolonial Belanda.
1. Putri Mardika
Pada tahun 1912, muncul organisasi perempuan pertama di Indonesia bernama Putri Mardika. Putri Mardika bertujuan untuk membimbing perempuan bumiputra dalam menempuh pendidikan. Tokoh-tokoh Putri Mardika kerap menggunakan gagasan-gagasan R.A Kartini sebagai dasar pergerakan organisasi.
2. Kartini Fonds
Kartini Fonds merupakan organisasi pergerakan perempuan yang didirikan pada 27 Juni 1913 di kota Den Haag, Belanda. Program ini dapat terealisasi pada tahun 1913 dengan pendirian Sekolah Kartini di Semarang dan Jakarta. Sekolah Kartini mampu melahirkan kader-kader perempuan di berbagai daerah yang nantinya menjadi pendiri organisasi perempuan seperti Wanita Taman Siswa, Wanito Utomo, Aisyiyah, dan lainnya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat pada soal diatas adalah C.

Baca Juga :  Macam-macam peta: (1) peta kemiringan lereng (2) peta jenis tanah; (3) peta curah hujan. info tersebut adalah ....