Apa yang kamu lakukan jika salah satu temanmu sedang menyampaikan pendapatnya dalam musyawarah

Apa yang kamu lakukan jika salah satu temanmu sedang menyampaikan pendapatnya dalam musyawarah

Menghargai pendapat dengan mendengarkannya.

Ketika ada orang lain yang menyampaikan gagasan atau pendapatnya Mengapa kita harus menghargai dengan cara mendengarkannya. Itu adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan sikap hormat dan menghargai ketika ada orang lain berbicara.

 

Pembahasan

Menghargai adalah suatu sikap dimana kita tidak menghina pendapat orang lain atau kita dapat menerima pendapat orang itu, sedangkan menghormati adalah suatu sikap dimana kita tunduk pada sesuatu yang kita anggap bijak.

 

Toleransi adalah suatu sikap menghormati dan menghargai orang lain. Dalil naqli menghargai orang lain terdapat dalam suart Al Hujurat ayat 13 yaitu:

 

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

 

Artinya: :Wahai manusia! Sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha mengetahui, Maha teliti.”

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Apa yang dimaksud dengan budaya? Apa yabg dimaksud cagar budaya?