Berikut yang merupakan proses dekomposisi adalah…. a. Dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya b. Dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh c. Dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien d. Dokter memberikan resep obat kepada pasien

Berikut yang merupakan proses dekomposisi adalah….

a. Dokter memberikan penjelasan tentang penyakit yang diderita pasien kepada keluarganya
b. Dokter memeriksa bagian tubuh pasien dan mengukur tanda-tanda vital tubuh
c. Dokter menuliskan hasil pemeriksaan di catatan rekam medis pasien
d. Dokter memberikan resep obat kepada pasien

Pada pilihan jawaban, yang termasuk proses dekomposisi adalah dokter memberikan penjelasan mengenai penyakit yang pasien derita pada keluarganya. Dengan demikian, jawaban yang benar untuk soal ini adalah A.

Pembahasan

Proses dekomposisi pada soal bukan mengacu pada proses pembusukan melainkan salah sati proses dalam berpikir komputasional dalam pelajaran Teknik Informatika. Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah A di mana dokter memberi penjelasan mengenai penyakit pasien pada keluarganya. Meski begitu, agar lebih yakin dengan jawaban terpilih, mari kita analisis semua pilihan yang ada:

  • A. JAWABAN BENAR, dekomposisi adalah salah satu fondasi dalam berpikir komputasional yang dilaksanakan dengan cara menguraikan permasalahan yang kompleks menjadi bagian-bagian kecil untuk kemudian diteliti, dikaji, dipahami dan dimengerti. Dengan cara ini, persoalan yang kompleks akan terasa mudah diselesaikan. Pada pilihan jawaban, dokter yang memberi penjelasan penyakit pasien pada keluarga pasien adalah untuk memberikan pemahaman, pengertian dan semacamnya sehingga sejalan dengan tujuan dekomposisi.
  • B. JAWABAN SALAH, tindakan yang dilakukan dokter pada pilihan ini lebih cocok masuk ke proses pengenalan pola di mana sebelum melakukan proses algoritma, dokter mengenali objeknya terlebih dahulu.
  • C. JAWABAN SALAH, dalam berpikir komputasional, tindakan dokter pada tahapan ini bisa dikategorikan sebagai tindakan yang dilakukan setelah tahapan abstraksi.
  • D. JAWABAN SALAH, tindakan menyelesaikan persoalan dengan tindakan setelah melakukan dekomposisi, pengenalan pola dan abstraksi disebut dengan algoritma. Pemberian resep obat ini adalah bagian dari algoritma, bukan dekomposisi.
Baca Juga :  Pada tahun 1825-1830 terjadi perang di salah satu wilayah di pulau jawa. perang tersebut disebabkan oleh penancapan tonggak-tonggak perbuatan jalan rel kereta api di tanah makam leluhur yang dilakukan oleh belanda. dalam peperangan tersebut, masyarakat indonesia menggunakan strategi....

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com