Contoh menyeimbangkan peran sebagai makhluk ekonomi dan sosialis

Contoh menyeimbangkan peran sebagai makhluk ekonomi dan sosialis

Salah satu contoh kegiatan yang menyeimbangkan peran mausia sebagai mahluk sosial dan mahkluk ekonomi adalah:

  • Melakukan proses tawar menawar dengan sopan santun
  • Menjual barang-barang yang tidak membahayakan konsumen
  • memberikan bonus gaji kepada karyawan yang bekerja lembur

 

Pembahasan:

  1. Manusia sebagai makhluk sosial adalah manusia membutuhkan adanya bantuan dari manusia lain dalam kehidupan sehari-harinya. Manusia tidak bisa hidup sendiri, namum membutuhkan adanya kerjasama dengan manusia lain dalam kegiatan sehari-harinya. Sebarapa kaya dan mandirinya seseorang manusia tetap membutuhkan peran orang lain.
    Contohnya adalah: kegoatan gotong royong, menaati aturan, menolong orang lain dan bersimpati kepada orang lain.
  2. Manusia sebagai mahkluk ekonomi adalah kondisi dimana manusia selalu berusaha dan memikirkan untuk memenuhi kebutuhan hiduonya secara maksimal dengan sumber daya yang tersedia. Intinya manusia mengharapkan keuntungan maksimal atas sumber daya yang terbatas.
    Contohnya adalah: melakukan kegiatan perdagangan, tawar menawar saat membeli barang agar mendapat harga murah, membeli barang-barang diskon.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Pak Akhmad punya aset di daerah sekarang sebagai berikut • luas tanah 500 m2 (njop rp 1.000.000) • luas rumah 600 m2 (rumah tingkat 3, per lantai luasnya 200 m2, njop rp 2.500.000) ● pagar rumah 50 m2 (njop rp 5.000.000) . kolam renang 100 m2 (njop rp 4.000.000) tarif pajak bumi dan bangunan ditetapkan melalui peraturan daerah kota sekarang sebesar 0,25% dan njoptkp ditetapkan sebesar rp 20.000.000. berapakah pajak bumi dan bangunan yang harus dibayar pak akhmad?