Peristiwa sejarah dalam ruang lingkup lokal nasional dan global

Peristiwa sejarah dalam ruang lingkup lokal nasional dan global

Jawaban:

Ruang lingkup sejarah yang pertama ialah sejarah sebagai peristiwa. Sejarah dikatakan sebagai peristiwa ialah menyangkut kejadian yang penting, nyata dan aktual. Sejarah ini telah benar terjadi di masa lalu dan tidak berulang-ulang.

 

Poin pentingnya, kejadian tersebut benaran terjadi di masa lalu. Tanpa adanya kejadian tersebut di masa lalu, tidak boleh disebut sebagai sejarah.

 

Peristiwa yang tidak terkait dengan peristiwa lain dimana menjadikan ini dinamika atau proses konteks histori bisa dianggap bukan sejarah.

 

Jadi ntara peristiwa yang terjadi itu harus terdapat hubungan sebab akibat, yang terdapat dalam konteks waktu, pelaku, dan tempat.

 

Peristiwa bisa dikatakan penting kalau kejadiannya bisa mempengaruhi terjadinya kejadian atau peristiwa lain yang sekarang maupun terhadap kehidupan berikutnya.

 

Adapun contoh sejarah sebagai peristiwa yaitu

 

pertempuran medan areapertempuran 10 novemberpertempuran bandung lautan apisuper semar, peristiwa G30S/PKIperistiwa kemerdekaan indonesiadan masuknya indonesia sebagai anggota pbb.

 

2. Sejarah sebagai kisah (history as narrative)

 

Ruang lingkup sejarah ke 2 ialah sejarah sebagai kisah. Sejarah adalah rangkaian cerita berupa narasi yang disusun berdasarkan ingatan, tafsiran manusia ataupun kesan tentang kejadian yang terjadi di masa lalu. Kisah yang disajikan pun dapat dilakukan secara lisan maupun tertulis.

 

Apabila secara lisan, kisah dapat disampaikan dalam bentuk ceramah, pidato dan sebagainya.

 

Kalau secara tertulis, kisah ini dapat dijadikan kedalam bentuk cerita pendek, majalah atau buku. Kisah yang disajikan pun berbeda-beda tergantung dari pihak mana yang menceritakan kisahnya.

 

Contoh kisah tentang perang kemerdekaan indonesia melawan belanda, bila pihak belanda yang berkisah maka berisi tentang tantara belanda melawan pemberontakan, tapi bila pihak indonesia yang berkisah maka berisi tentang perang melawan penjajahan belanda.

Baca Juga :  -lakukanlah observasi lingkungan rumah dan buatlah teks laporan hasil observasinya tolong bantu buatin contoh aja kak​

 

Ada juga tafsiran yang berbeda beda karena sifat lupa dari manusia, jadi sejarah dalam mengisahkan sesuatu terdapat beberapa perbedaan tetapi tetap sesuai dengan fakta yang ada.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com