Breaking News

Reva selalu rajin belajar agar lolos seleksi SBMPTN. faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah

Reva selalu rajin belajar agar lolos seleksi SBMPTN. faktor yang mempengaruhi interaksi sosial adalah
A. imitasi
B. identifikasi
C. sugesti
D. simpati
E. motivasi

Jawabannya adalah E. Motivasi

Yuk, simak penjelasannya!

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu maupun kelompok, atau kelompok dengan kelompok. Interaksi sosial terwujud dalam aksi dan reaksi.

Adapun faktor yang mendasari terjadinya interaksi sosial,antara lain:
1. Sugesti, adalah rangsangan atau pengaruh atau stimulus. Rangsangan diberikan seseorang kepada orang lain. Penerima sugesti akan menuruti kehendak pemberi sugesti tanpa berpikir kritis dan rasional.
2. Imitasi, adalah tindakan meniru sikap, penampilan, pembicaraan, maupun gaya hidup orang lain. Proses imitasi pertama kali terjadi dalam pergaulan keluarga.
3. Identifikasi, adalah proses untuk menjadi sama (identik) dengan orang lain. Proses identifikasi erat kaitannya dengan imitasi. Apabila proses meniru (imitasi) sudah sangat mendalam, maka terjadilah identifikasi. Imitasi biasanya berlaku sesaat atau sementara, sedangkan identifikasi bersifat permanen. Oleh karena itu, identifikasi dapat menjadi bagian dari kepribadian seseorang.
4. Simpati, adalah proses kejiwaan seseorang yang merasa tertarik kepada orang lain atau sekelompok orang. Ketertarikan itu disebabkan oleh sikap, penampilan, wibawa, atau tindakan.
5. Motivasi, adalah dorongan, rangsangan, pengaruh, atau stimulan. Motivasi dapat diberikan oleh seorang individu kepada individu lain, seorang individu kepada kelompok atau kelompok kepada kelompok lain. Pihak yang diberi motivasi akan mengikuti kemauan orang yang memberi motivasi. Namun, dia tetap bersikap kritis, rasional, dan bertanggung jawab. Berbeda dengan sugesti, perilaku orang yang menerima sugesti menjadi kurang rasional.

Nah, berdasarkan soal di atas, Reva rajin belajar agar lolos SBMPTN. Dalam hal ini terdapat motivasi atau dorongan yang mempengaruhi Reva sehingga rajin belajar.

Baca Juga :  4/x² = x²/4