Literasi artinya

Literasi artinya

Secara sederhana, literasi memang dipahami sebagai kemampuan dalam membaca dan menulis. Membaca dapat diartikan sebagai proses menerjemahkan lambang-lambang bahasa hingga diproses menjadi suatu pengertian, dan menulis berarti mengungkapkan pemikiran dengan mengukirkan lambang-lambang bahasa hingga membentuk suatu pengertian.

Jadi, kalau literasi hanya dipahami sesederhana itu, artinya bangsa kita ini punya sejarah panjang terhadap aktivitas-aktivitas literasi. Tapi, seiring dengan perkembangannya, pemaknaan terhadap literasi pun menjadi lebih luas.

Bahkan di Indonesia, kata literasi sudah lebih populer dibandingkan kemahirwacanaan, melek akasa, dan keberaksaraan. Bukan hanya sekedar kata, tapi literasi juga menjadi gerakan bagi pegiat pendidikan, baik informal dan juga nonformal.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Dalam sebuah kantong terdapat 2 kelereng merah, 5 kelereng putih dan 7 kelereng hijau. Secara acak diambil sebuah kelereng dan ternyata terambil kelereng merah. Jika pada pengambilan pertama kelereng tidak dikembalikan lagi, berapakah peluang terambil kelereng merah pada pengambilan kedua?