Contoh sinonim dan antonim

contoh sinonim dan antonim

Contoh sinonim, yaitu kata “andai” memiliki kesamaan makna dengan kata “misal”, “umpama”, dan sejenisnya. Contoh antonim, yaitu kata “matang” memiliki lawan kata “mentah”.

Mari kita simak pembahasan berikut ini ya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sinonim berarti bentuk bahasa yang maknanya sama atau mirip dengan bentuk bahasa lain. Adapun antonim ialah kata yang berlawanan makna dengan kata lain.

Contoh sinonim sebagai berikut.
Sinonim kata “andai” ialah “misal” atau “umpama”. Kata “andai” berarti peristiwa yang dianggap mungkin terjadi. Adapaun kata “misal” berarti sesuatu yang dianggap bukan sungguh-sungguh (tentang peristiwa dan sebagainya) dan kata “umpama” berarti sesuatu yang diandaikan.

Contoh antonim sebagai berikut.
Antonim kata “matang” ialah “mentah”. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata “matang” berarti sudah tua dan sudah sampai waktunya untuk dipetik, dimakan, dan sebagainya (tentang buah-buahan). Adapun kata “mentah” berarti belum masak; belum waktunya untuk dipetik, diambil hasilnya dan sebagainya (seperti buah-buahan).

Dengan demikian, contoh sinonim, yaitu kata “andai” memiliki kesamaan makna dengan kata “misal”, “umpama”, dan sejenisnya. Contoh antonim, yaitu kata “matang” memiliki lawan kata “mentah”.

Semoga membantu 😊

Baca Juga :  Fayyaz akan membagikan kertas 30 warna merah dan 24 kertas warna kuning kepada teman temannya sama banyak .Tentukan banyak teman Fayyaz yang mendapatkan kertas ​