Breaking News

Pada suatu percobaan, campuran larutan organik dimurnikan melalui proses destilasi. pada suhu 119^(∘)C dihasilkan 500 ml larutan dengan sifat senyawa sebagai berikut: i. tidak mereduksi larutan tollens; ii. teroksidasi oleh KMnO4 dalam asam menghasilkan alkanon; iii. bersifat optis aktif senyawa tersebut kemungkinan adalah …

pada suatu percobaan, campuran larutan organik dimurnikan melalui proses destilasi. pada suhu 119^(∘)C dihasilkan 500 ml larutan dengan sifat senyawa sebagai berikut:
i. tidak mereduksi larutan tollens;
ii. teroksidasi oleh KMnO4 dalam asam menghasilkan alkanon;
iii. bersifat optis aktif
senyawa tersebut kemungkinan adalah …
a. 2-metil-2propanol
b. 2,2-dimetil-1-butanol
c. 1-pentanol
d. 2-pentanol
e. 3-pentanol

Jawaban yang benar adalah D. 2-pentanol.

Senyawa organik yang dapat dioksidasi menjadi keton adalah senyawa alkohol sekunder. Senyawa ini tidak bereaksi dengan pereaksi Tollens.
Diantara senyawa di atas yang merupakan senyawa alkohol sekunder dan bersifat optis aktif adalah senyawa 2-pentanol. Dikatakan optis aktif karena memiliki satu atom karbon asimetris, yaitu atom C yang mengikat 4 gugus yang berbeda, yaitu -CH3, -OH, -H, -CH2-CH2-CH3.
Struktur lengkapnya adalah seperti pada gambar dibawah ini.

Jadi, senyawa tersebut kemungkinan adalah 2-pentanol.

 

pada suatu percobaan, campuran larutan organik dimurnikan melalui proses destilasi. pada suhu 119^(∘)C dihasilkan 500 ml larutan dengan sifat senyawa sebagai berikut: i. tidak mereduksi larutan tollens; ii. teroksidasi oleh KMnO4 dalam asam menghasilkan alkanon; iii. bersifat optis aktif senyawa tersebut kemungkinan adalah ...

Baca Juga :  Nilai x yang memenuhi persamaan (2/5)^(1/2)=(5/2)^(x+1) adalah ...