Sebanyak 1 mol padatan perak bereaksi dengan 1/2 mol gas klorin membentuk 1 mol perak klorida. Pada reaksi ini terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan sebesar 127 kJ. c. Berapa kalor yang diperlukan dalam reaksi penguraian 2 mol perak klorida?

Sebanyak 1 mol padatan perak bereaksi dengan 1/2 mol gas klorin membentuk 1 mol perak klorida. Pada reaksi ini terjadi perpindahan kalor dari sistem ke lingkungan sebesar 127 kJ.
c. Berapa kalor yang diperlukan dalam reaksi penguraian 2 mol perak klorida?

Jawaban yang benar adalah +254 kJ.

Persamaan termokimia yaitu persamaan reaksi kimia yang setara dan dilengkapi dengan perubahan entalpi. Reaksi pembentukan adalah reaksi dimana unsur-unsur membentuk suatu senyawa. Sementara, Reaksi eksoterm adalah reaksi yang terjadi karena adanya pelepasan kalor dari sistem ke lingkungan.

Perbandingan koefisien dalam persamaan reaksi menggambarkan perbandingan mol.
Persamaan termokimia pembentukan 1 mol AgCl
Ag (s) + 1/2 Cl₂ (g) → AgCl (s) ΔH = -127 kJ

Reaksi penguraian adalah kebalikan dari reaksi pembentukan. Pada reaksi penguraian, senyawa terurai menjadi unsur-unsur penyusunnya. Apabila persamaan termokimia dibalik, maka nilai ΔH juga dibalik.

Persamaan termokimia penguraian 1 mol AgCl
AgCl (s) → Ag (s) + 1/2 Cl₂ (g) ΔH = +127 kJ
Untuk mendapatkan reaksi penguraian 2 mol AgCl, maka koefisien dan ΔH nilai dikali 2.
2 AgCl (s) → 2 Ag (s) + Cl₂ (g) ΔH = +254 kJ

Jadi, kalor yang diperlukan dalam reaksi penguraian 2 mol perak klorida adalah +254 kJ.

Baca Juga :  ( 8√6 : 2√2 ) * √3 ||| Angka 8 nya dipindain ke akarnya jadi 64, sama juga angka 2 dipindain ke akarnya jadi 4.