Sebutkan 8 sifat koloid dan jelaskna masing-masing

Sebutkan 8 sifat koloid dan jelaskna masing-masing

Jawaban yang benar adalah elektroforesis, efek Tyndall, koagulasi, adsorpsi, dialisis, gerak Brown, koloid pelindung, koloid liofil dan liofob.

Koloid adalah campuran yang terbentuk karena adanya dispersi suatu zat ke dalam zat lain. Berikut adalah beberapa sifat koloid:
1. Elektroforesis merupakan pergerakan partikel sol bermuatan listrik dalam medan listrik. Contohnya adalah identifikasi DNA dan penggumpalan debu pada cerobong asap.
2. Efek Tyndall merupakan penghamburan cahaya oleh partikel koloid. Contohnya adalah sorot lampu mobil saat kabut.
3. Koagulasi merupakan penggumpalan sistem koloid. Contohnya adalah pembentukan delta di muara sungai dan pembuatan lateks dari getah karet.
4. Adsorpsi merupakan penyerapan pada permukaan oleh partikel koloid. Contohnya pemutihan gula tebu dan pengobatan diare dengan norit.
5. Dialisis merupakan proses pemisahan ion-ion penganggu dalam koloid dengan memasukkan ke dalam suatu kantong koloid. Contohnya proses cuci darah.
6. Gerak Brown merupakan pergerakan zig-zag partikel koloid yang mengakibatkan koloid dapat mengimbangi gaya gravitasi, sehingga tidak mengalami sedimentasi.
7. Koloid pelindung merupakan koloid yang ditambahkan agar dapat menstabilkan koloid yang lain. Contohnya penambahan gelatin dalam es krim serta cat dan tinta yang dapat bertahan lama karena koloid pelindung.
8. Koloid liofil dan liofob. Koloid liofil merupakan koloid yang memiliki gaya tarik menarik cukup besar antara zat terdispersi dengan mediumnya. Koloid liofob merupakan koloid yang tidak memiliki gaya tarik menarik antara zat terdispersi dengan mediumnya.

Jadi, 8 sifat koloid adalah elektroforesis, efek Tyndall, koagulasi, adsorpsi, dialisis, gerak Brown, koloid pelindung, koloid liofil dan liofob.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

Baca Juga :  Pengaruh gaya gravitasi bumi semakin kuat terhadap suatu benda apabila ....

ilmuantekno.com