Perubahan lahan khususnya di perkotaan menjadi gedung, tempat tinggal, jalan dapat mengganggu siklus air. Hal ini disebabkan karena….

Perubahan lahan khususnya di perkotaan menjadi gedung, tempat tinggal, jalan dapat mengganggu siklus air. Hal ini disebabkan karena….

Jawabannya karena berkurangnya daerah resapan air dan tumbuhan hijau sehingga mengganggu proses penguapan air.

Siklus hidrologi atau air merupakan proses yang melibatkan air dan kembali lagi ke bentuknya semula yaitu air. Siklus merupakan suatu proses yang terjadi terus-menerus dan akan terganggu jika komponen prosesnya hilang atau berkurang. Contohnya siklus air.

Di daerah perkotaan lahan hijau yang dijadikan sebagai daerah resapan air semakin berkurang karena dijadikan area pemukiman. Ketika tanaman di lahan hijau ditebang dan diganti dengan pemukiman, maka daerah resapan air berkurang. Air yang harusnya diserap oleh tumbuhan dan diuapkan kembali oleh tumbuhan ke atmosfer tidak terjadi. Kemudian karena resapan air berkurang maka air yang harusnya masuk ke dalam tanah menjadi air tanah juga mengalami penurunan. Yang terjadi air tidak terserap sehingga ketika hujan turun mengakibatkan banjir dan tanah longsor. Dengan demikian maka laju proses penguapan oleh tumbuhan serta air tanah mengalami penurunan, sehingga menyebabkan siklus air terganggu dan curah hujan di wilayah tersebut juga menurun. Sehingga bisa memicu kekeringan ketika musim kemarau dan banjir ketika musim penghujan.

Jadi, jawabannya karena berkurangnya daerah resapan air dan tumbuhan hijau sehingga mengganggu proses penguapan air.

Baca Juga :  TENTUKAN HASILNYA DENGAN MENGGAMBAR GARIS BILANGANNYA. 2+(−10)=……