Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan jamur yang berwama hitam pada permukaan roti. Jika kita amati di bawah mikroskop, terlihat seperti gambar berikut. Ciri khas dari jamur tersebut adalah ….

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan jamur yang berwama hitam pada permukaan roti. Jika kita amati di bawah mikroskop, terlihat seperti gambar berikut.

Ciri khas dari jamur tersebut adalah ….
A tubuh buah berbentuk bulat
B. sporangiofor bercabang
C. memiliki hifa bersekat
D. reproduksi aseksual dengan tunas
E. menghasilkan zigospora

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan jamur yang berwama hitam pada permukaan roti. Jika kita amati di bawah mikroskop, terlihat seperti gambar berikut.  Ciri khas dari jamur tersebut adalah ....

Jawabannya adalah E.

Gambar di atas merupakan gambar dari jamur 𝘙𝘩𝘪𝘻𝘰𝘱𝘶𝘴 𝘴𝘵𝘰𝘭𝘰𝘯𝘪𝘧𝘦𝘳 yang merupakan jamur yang berwama hitam pada permukaan roti. 𝘙𝘩𝘪𝘻𝘰𝘱𝘶𝘴 𝘴𝘵𝘰𝘭𝘰𝘯𝘪𝘧𝘦𝘳 merupakan jamur yang masuk ke dalam divisi zygomycota. Zygomycota merupakan jamur yang bereproduksi secara seksual dengan zygospora dan aseksual dengan membentuk sporangiospora. Ciri-ciri jamur 𝘙𝘩𝘪𝘻𝘰𝘱𝘶𝘴 𝘴𝘵𝘰𝘭𝘰𝘯𝘪𝘧𝘦𝘳 adalah:
1. Hifa tidak bersekat.
2. Reproduksi secara seksual dengan menghasilkan zygospora dan aseksual dengan menghasilkan sporangiospora.
3. Memiliki hifa yang berbentuk seperti akar yang disebut rizoid, hifa yang berbentuk seperti tangkai yang disebut sporangofor.
4. Memiliki sporangium berbentuk bulat yang berada menempel di atas sporangiofor.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah E.

Baca Juga :  Berikut yg termasuk ancaman yang datang dari dalam negeri adalah... A. Pemberontakan senjata B. agresi kekuatan senjata oleh negara lain C. Aksi terorisme jaringan internasional D. Ancaman dari golongan separatis E. Bahaya perang nuklir yg juga mengancam keberadaan negara Indonesia