Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan jamur yang berwama hitam pada permukaan roti. Jika kita amati di bawah mikroskop, terlihat seperti gambar berikut. Ciri khas dari jamur tersebut adalah ….

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan jamur yang berwama hitam pada permukaan roti. Jika kita amati di bawah mikroskop, terlihat seperti gambar berikut.

Ciri khas dari jamur tersebut adalah ….
A tubuh buah berbentuk bulat
B. sporangiofor bercabang
C. memiliki hifa bersekat
D. reproduksi aseksual dengan tunas
E. menghasilkan zigospora

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan jamur yang berwama hitam pada permukaan roti. Jika kita amati di bawah mikroskop, terlihat seperti gambar berikut.  Ciri khas dari jamur tersebut adalah ....

Jawabannya adalah E.

Gambar di atas merupakan gambar dari jamur π˜™π˜©π˜ͺ𝘻𝘰𝘱𝘢𝘴 𝘴𝘡𝘰𝘭𝘰𝘯π˜ͺ𝘧𝘦𝘳 yang merupakan jamur yang berwama hitam pada permukaan roti. π˜™π˜©π˜ͺ𝘻𝘰𝘱𝘢𝘴 𝘴𝘡𝘰𝘭𝘰𝘯π˜ͺ𝘧𝘦𝘳 merupakan jamur yang masuk ke dalam divisi zygomycota. Zygomycota merupakan jamur yang bereproduksi secara seksual dengan zygospora dan aseksual dengan membentuk sporangiospora. Ciri-ciri jamur π˜™π˜©π˜ͺ𝘻𝘰𝘱𝘢𝘴 𝘴𝘡𝘰𝘭𝘰𝘯π˜ͺ𝘧𝘦𝘳 adalah:
1. Hifa tidak bersekat.
2. Reproduksi secara seksual dengan menghasilkan zygospora dan aseksual dengan menghasilkan sporangiospora.
3. Memiliki hifa yang berbentuk seperti akar yang disebut rizoid, hifa yang berbentuk seperti tangkai yang disebut sporangofor.
4. Memiliki sporangium berbentuk bulat yang berada menempel di atas sporangiofor.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah E.

Baca Juga :  Kata-kata berikut ini merupakan kata-kata Bahasa Indonesia yang tidak baku. Tuliskan bentuk bakunya! Jaman