Alat ukur yang di gunakan oleh tukang kayu dengan memanfaatkan prinsip bejana berhubungan adalah

alat ukur yang di gunakan oleh tukang kayu dengan memanfaatkan prinsip bejana berhubungan adalah

Jawaban yang benar adalah selang pipa bangunan.

Pembahasan:
Bejana berhubungan adalah wadah atau bejana yang memiliki dua atau lebih tabung dengan bentuk yang bervariasi dan saling berhubungan.

Hukum Bejana Berhubungan berbunyi: “Bila bejana-bejana berhubungan diisi dengan zat cair yang sama, dalam keadaan seimbang, maka permukaan zat cair merupakan bidang datar”.

Tukang bangunan menggunakan konsep bejana berhubungan untuk membuat titik yang sama tingginya. Kedua titik yang sama ketinggiannya ini digunakan untuk membuat garis lurus yang datar. Biasanya, garis ini digunakan sebagai patokan untuk memasang ubin supaya permukaan ubin menjadi rata dan memasang jendela-jendela supaya antara jendela satu dan jendela lainnya sejajar.

Tukang bangunan menggunakan selang kecil yang diisi air dan kedua ujungnya diarahkan ke atas. Akan dihasilkan dua permukaan air, yaitu permukaan air kedua ujung selang. Kemudian, seutas benang dibentangkan menghubungkan dua permukaan air pada kedua ujung selang. Dengan cara ini, tukang bangunan akan memperoleh permukaan datar.

Jadi, alat ukur yang digunakan oleh tukang kayu dengan memanfaatkan prinsip bejana berhubungan adalah selang pipa bangunan.

Baca Juga :  Dandi ingin memberikan cincin baru untuk istrinya, kemudian dandi mengukur lingkaran dalam cincin istrinya yang lama menggunakan jangka sorong. Angka yang ditunjukan pada jangka sorong seperti gambar berikut. berapakah lingkaran dalam cincin istrinya dandi ....