Bacalah wacana berikut! Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan beberapa wilayah perairan, terutama perairan di selatan Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, serta sebelah barat Sumatera berpotensi terjadi gelombang laut setinggi 4-6 meter. Warga sekitar diharapkan lebih meningkatkan kewaspadaan. Fenomena pada wacana dapat meningkatkan laju abrasi di daerah pesisir. Upaya konservasi yang tepat untuk mengurangi laju abrasi adalah …..

Bacalah wacana berikut!
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan beberapa wilayah perairan, terutama perairan di selatan Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara, serta sebelah barat Sumatera berpotensi terjadi gelombang laut setinggi 4-6 meter. Warga sekitar diharapkan lebih meningkatkan kewaspadaan. Fenomena pada wacana dapat meningkatkan laju abrasi di daerah pesisir. Upaya konservasi yang tepat untuk mengurangi laju abrasi adalah …..

Jawaban benar mengenai upaya konservasi yang tepat untuk mengurangi laju abrasi adalah menanam mangrove, menanam terumbu karang, melarang kegiatan penambangan pasir, dan membuat pemecah gelombang.

Abrasi adalah proses pengikisan pada daerah pesisir pantai yang diakibatkan oleh gelombang dan arus laut. Upaya konservasi yang tepat untuk mengurangi laju abrasi adalah sebagai berikut.
1. Menanam tanaman mangrove.
2. Menanam terumbu karang.
3. Melarang kegiatan penambangan pasir.
4. Membuat pemecah gelombang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa upaya konservasi yang tepat untuk mengurangi laju abrasi adalah menanam mangrove, menanam terumbu karang, melarang kegiatan penambangan pasir, dan membuat pemecah gelombang.

Baca Juga :  Pada tanggal 5 Juni 2020, perusahaan salon kecantikan "Menawan" membeli perlengkapan dengan tunai seharga Rp750.000,00. Transaksi ini dalam persamaan akuntansi memengaruhi ....