Breaking News

Pada saat musim hujan seperti sekarang ini, kasus penyakit demam berdarah meningkat cukup tajam bahkan tidak sedikit yang berakhir dengan kematian. studi komprehensif tentang penyakit ini harus melibatkan beberapa cabang ilmu….

pada saat musim hujan seperti sekarang ini, kasus penyakit demam berdarah meningkat cukup tajam bahkan tidak sedikit yang berakhir dengan kematian. studi komprehensif tentang penyakit ini harus melibatkan beberapa cabang ilmu….

Jawabannya adalah virologi dan entomologi.

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus π˜₯𝘦𝘯𝘨𝘢𝘦 (𝘍𝘭𝘒𝘷π˜ͺ𝘷π˜ͺ𝘳𝘢𝘴). Virus tersebut masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk 𝘈𝘦π˜₯𝘦𝘴 𝘒𝘦𝘨𝘺𝘱𝘡π˜ͺ. Demam berdarah ditandai dengan gejala tubuh menggigil dan sakit kepala. Rasa sakit segera timbul, khususnya pada punggung, sendi, otot, dan bola mata. Suhu badan kembali normal setelah 5-6 hari dan meningkat kembali sekitar 5-8 hari kemudian. Bercak-bercak merah akan timbul dan berlangsung selama 24-72 jam. Kadar trombosit dalam darah akan menurun dan kondisi paling parah adalah terjadinya pendarahan yang menyebabkan kematian.

Karena demam berdarah disebabkan oleh virus, maka cabang ilmu biologi yang harus dipelajari adalah virologi. Virologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang virus. Vektor pembawa virus π˜₯𝘦𝘯𝘨𝘢𝘦 adalah nyamuk 𝘈𝘦π˜₯𝘦𝘴 𝘒𝘦𝘨𝘺𝘱𝘡π˜ͺ maka cabang biologi yang dipelajari lainnya adalah entomologi. Entomologi adalah cabang biologi yang mempelajari tentang serangga.

π‘±π’‚π’…π’Š, π’‹π’‚π’˜π’‚π’ƒπ’‚π’π’π’šπ’‚ 𝒂𝒅𝒂𝒍𝒂𝒉 π’—π’Šπ’“π’π’π’π’ˆπ’Š 𝒅𝒂𝒏 π’†π’π’•π’π’Žπ’π’π’π’ˆπ’Š.

Baca Juga :  Gas Metana dibakar Sempurna dengan oksigen. CHβ‚‚ + Oβ‚‚ -> COβ‚‚ + Hβ‚‚O bila metana yang dibakar 3 liter berapa liter gas oksigen yg diperlukan, dan berapa liter gas COβ‚‚ dan Hβ‚‚

Leave a Reply

Your email address will not be published.