Sebutkan lima macam penyakit yang dapat disebabkan karena polusi udara!

Sebutkan lima macam penyakit yang dapat disebabkan karena polusi udara!

Jawaban yang benar adalah penyakit saluran pernafasan, penyakit kardiovaskular, kanker, masalah janin, dan penyakit neurodegeneratif.

Lima penyakit yang disebabkan oleh polusi udara antara lain:

1. Penyakit saluran pernafasan, seperti asma, emfisema, dan infeksi saluran pernafasan. Polutan yang masuk kedalam paru-paru dapat merusak jaringan didalamnya sehingga dapat mengganggu sistem pernafasan manusia.
2. Penyakit kardiovaskular. Polutan yang masuk ke dalam pembuluh darah dapat menyebabkan terjadi gangguan fungsi pada pembuluh darah akibatnya terjadi gangguan pada aliran darah sistem peredaran darah. Polutan dapat menyebabkan munculnya plak pada pembuluh darah.
3. Kanker. Polusi udara menyebabkan menipisnya lapisan ozon sehingga sinar ultraviolet dapat masuk ke permukaan bumi dengan intensitas yang tinggi. Sinar ultraviolet menjadi faktor penyebab kanker pada kulit.
Masalah janin pada saat kehamilan. Ibu hamil yang terpapar 4. polusi udara seperti asap rokok dapat berpotensi mengalami gangguan pada janinnya. Anak yang dilahirkan berisiko memiliki berat badan yang rendah, autisme, dan gangguan kognitif serta emosional anak.
5. Penyakit neurodegeneratif. Polusi udara dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit saraf akibat gangguan fungsi otak. Seseorang yang terpapar polusi udara memiliki potensial lebih tinggi mengalami penyakit seperti alzheimer dan demensia.

Jadi, jawaban yang benar adalah penyakit saluran pernafasan, penyakit kardiovaskular, kanker, masalah janin, dan penyakit neurodegeneratif.

Baca Juga :  Semakin besar pendapatan seseorang, maka semakin besar tarif pajak yang akan diterima . Hal tersebut merupakan sistem pungutan pajak berdasarkan tarif