Kecenderungan sistem-sistem biologi untuk bertahan terhadap perubahan-perubahan dan tetap berada pada keadaan keseimbangan dikenal sebagai…

Kecenderungan sistem-sistem biologi untuk bertahan terhadap perubahan-perubahan dan tetap berada pada keadaan keseimbangan dikenal sebagai…
A. Homeostatic ekosistem
B. Suksesi dalam ekosistem
C. Adaptasi fisiologis ekosistem
D. Daya resiliensi ekosistem
E. Self purification ekosistem

Jawaban yang benar adalah A. homeostatis ekosistem.

Ekosistem atau sistem ekologi adalah kesatuan komponen biotik dengan lingkungan abiotiknya. Komponen biotik adalah komponen hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Sedangkan, komponen abiotik meliputi komonen tak hidup seperti matahari, air, angin, bebatuan, dan tanah.

Dalam suatu ekosistem terdapat suatu keseimbangan yang bernama homeostatis. Homeostasis berasal dari kata homeo yang berarti sama dan statis yang berarti berdiri. Jadi istilah ini diartikan sebagai kecenderungan sistem-sistem biologi untuk bertahan terhadap perubahan-perubahan dan tetap berada pada keadaan keseimbangan. Perlu diingat, homeostatis ini juga memiliki batasan yang jika terlampaui akan mengakibatkan kerusakan pada ekosistem.

Dengan demikian, Kecenderungan sistem-sistem biologi dalam mempertahankan keadaan dari perubahan dan tetap seimbang disebut homeostatis ekosistem.

Baca Juga :  Diketahui segitiga PQR siku-siku di Q dengan PQ = 6 cm dan QR = 8 cm. Nilai dari sin ⁡P adalah