Di samping mengemban misi sebagai roda penggerak perekonomian di Indonesia, BUMN juga harus memberikan kontribusi pendapatan kepada negara. Namun dalam kenyataannya, banyak BUMN yang belum dapat bekerja secara efisien. Berikanlah penjelasan mengenai permasalahan BUMN ini , apa yang harus dilakukan untuk menciptakan BUMN yang memiliki kinerja yang membanggakan dan memiliki daya saing global.

Di samping mengemban misi sebagai roda penggerak perekonomian di Indonesia, BUMN juga harus memberikan kontribusi pendapatan kepada negara. Namun dalam kenyataannya, banyak BUMN yang belum dapat bekerja secara efisien.

Berikanlah penjelasan mengenai permasalahan BUMN ini , apa yang harus dilakukan untuk menciptakan BUMN yang memiliki kinerja yang membanggakan dan memiliki daya saing global.

Jawaban:
Permasalahan yang dialami BUMN antara lain: petinggi BUMN yang lebih mementingkan kepentingan pribadi daripada kemajuan BUMN itu sendiri. Hal yang harus dilakukan untuk menciptakan BUMN yang memiliki kinerja yang membanggakan dan memiliki daya saing global adalah semua pemangku kepentingan di BUMN harus sama-sama sadar dan lebih mementingkan kepentingan masyarakat dan kemajuan BUMN itu sendiri daripada kepentingan pribadi mereka.

Penjelasan:
BUMN didirikan pemerintah untuk meningkatkan pendapatan pemerintah dan membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Namun kenyataannya bukan memberikan keuntungan bagi negara justru malah memberikan kerugian bagi negara. Mirisnya, di saat kerugian ini, justru gaji dan tunjangan petinggi BUMN malah membengkak. Bahkan di saat BUMN merugi mereka malah menuntut kenaikan gaji dan tunjangan.

Maka tidak heran jika saat ini para petinggi BUMN lebih mementingkan kepentingan pribadi daripada kepentingan masyarakat dan kemajuan BUMN itu sendiri. Masa bodoh bagi mereka BUMN merugi, yang penting kantong mereka tetap terisi. Hal ini yang menyebabkan BUMN menjadi objek korupsi bagi para petingginya.

Sudah selayaknya, petinggi BUMN untuk menyingkirkan ego mereka dan lebih mementingkan kemajuan BUMN dan kepentingan masyarakat. Di saat BUMN sedang merugi, hendaknya mereka berpikir untuk memajukan BUMN dan bukan malah menuntut kenaikan gaji dan tunjangan.

Dengan demikian, salah satu permasalahan BUMN adalah masih banyak petinggi BUMN yang lebih mementingkan kepentingan pribadi daripada kemajuan BUMN itu sendiri. Hal yang harus dilakukan untuk menciptakan BUMN yang memiliki kinerja yang membanggakan dan memiliki daya saing global adalah semua pemangku kepentingan di BUMN harus sama-sama sadar dan lebih mementingkan kepentingan masyarakat dan kemajuan BUMN itu sendiri daripada kepentingan pribadi mereka.

Baca Juga :  Dari pernyataan di atas, kebijakan politik indonesia pada masa orde baru ditunjukkkan pada nomor….

Daftar isi

Leave a Reply

Your email address will not be published.