Prakerja

Kartu Prakerja Gelombang 28 Dibuka, Login Prakerja.go.id Dapat 3,5 Juta

Pemerintah sudah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 28 pada tanggal 9 Mei 2022. Kuota yang dibuka sebanyak 600.000 peserta. Bagi masyarakat yang mengikuti program ini maka akan mendapat insentif yang totalnya mencapai Rp 3.550.000 per orang.

Manajemen Pelaksana (PMO) Program Kartu Prakerja meminta kepada masyarakat yang ingin mengikuti program ini untuk klik www.prakerja.go.id. Peserta yang lolos dan menyelesaikan program tersebut akan mendapat sejumlah insentif.

Jika lolos dalam seleksi Program Kartu Prakerja, peserta akan mendapatkan manfaat Rp 3.550.000. Dari angka tersebut, Rp 1.000.000 tidak bisa diuangkan karena untuk dana pelatihan, jika tidak mengikuti pelatihan maka kepesertaan akan hangus dan uang akan dikembalikan ke kas negara.

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 28 resmi dibuka pada Senin (9/5/2022) pukul 12.00 WIB. Pengumuman pembukaan pendaftaran tersebut diunggah melalui Instagram resmi Prakerja @prakerja.go.id.

Baca Juga :  Google Vps Cloud

“Gelombang 28 yuk dibuka yuk! Share ke FB dan IG Story kalian ya! #SiapDariSekarang,” tulis keterangan pada unggahan tersebut

Pendaftaran dilakukan melalui situs web www.prakerja.go.id Sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya, penerima Kartu Prakerja yang telah lolos verifikasi saat pendaftaran tinggal memilih pelatihan.

Jika lolos seleksi gelombang, peserta akan mendapatkan nomor Kartu Prakerja. Masyarakat diminta untuk mencatat Nomor Kartu Prakerja. Selain itu juga pastikan saldo pelatihan telah tersedia.

Baca Juga :  Google Japan Server

Bagi yang berminat untuk mendaftar program Kartu Prakerja, terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan. Diantaranya:

  1. Warga Negara Indonesia Berusia di atas 18 tahun
  2. Tidak sedang sekolah atau kuliah
  3. Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain
  4. Bukan pejabat negara, PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD.

Sementara, cara mendaftar Kartu Prakerja adalah sebagai berikut:

  • Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
  • Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun
  • Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka
  • Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.
Baca Juga :  Google Cloud Vps

Bagi masyarakat yang lolos bisa melakukan langkah berikut:

  1. Masyarakat diminta untuk mencatat 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Selain itu juga pastikan saldo pelatihan telah tersedia.
  2. Gunakan fitur Cari Pelatihan, ada enam platform yang menyediakan pelatihan Prakerja. Keenamnya adalah Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar, Pintaria, dan karier.mu.
  3. Peserta juga harus mengecek deskripsi pelatihan, dari harga, rating, durasi, tingkat materi, dan cara mengajar. Ini dilakukan sebagai pertimbangan sebelum melakukan pembelian pelatihan.
  4. Setelah itu beli pelatihan dan bayar dengan menggunakan Nomor Kartu Prakerja.
  5. Pihak Prakerja juga mengingatkan batas pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima pengumuman pada dashboard. Jika terlewat, maka peserta tidak bisa membeli pelatihan lagi.

DAFTAR PRAKERJA

Jangan Lupa Terus Pantau Situs Kami di Ilmuantekno.com

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220509141751-37-337471/kartu-prakerja-gelombang-28-dibuka-login-prakerjagoid