Pekerjaan menjadi seorang kuli bangunan biasanya identik dengan pria. Apalagi, kuli bangunan rata-rata harus melakukan pekerjaan berat, yang membutuhkan tenaga dan stamina yang tinggi. Tak jarang, pekerjaan itu digeluti kaum pria bertubuh kuat. Namun di Tiongkok, ada pemandangan tak biasa. Pasalnya, ada seorang gadis cantik bertubuh indah, terlihat bekerja sebagai kuli bangunan. Karena jumlah penduduk yang sangat banyak, tak jarang, banyak warga Tiongkok tak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Mungkin, itu alasan gadis cantik tersebut mau melakukan pekerjaan menjadi kuli bangunan, untuk mendapatkan sesuap nasi. Ilustrasi diatas sesuai dengan sifat perilaku menyimpang yaitu … Jelaskan …

2. Pekerjaan menjadi seorang kuli bangunan biasanya identik dengan pria. Apalagi, kuli bangunan rata-rata harus melakukan pekerjaan berat, yang membutuhkan tenaga dan stamina yang tinggi. Tak jarang, pekerjaan itu digeluti kaum pria bertubuh kuat.
Namun di Tiongkok, ada pemandangan tak biasa. Pasalnya, ada seorang gadis cantik bertubuh indah, terlihat bekerja sebagai kuli bangunan. Karena jumlah penduduk yang sangat banyak, tak jarang, banyak warga Tiongkok tak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Mungkin, itu alasan gadis cantik tersebut mau melakukan pekerjaan menjadi kuli bangunan, untuk mendapatkan sesuap nasi.

Ilustrasi diatas sesuai dengan sifat perilaku menyimpang yaitu … Jelaskan …

Jawabannya adalah perilaku menyimpang positif.

Yuk, kita simak penjelasannya.

Perilaku menyimpang merupakan suatu tindakan yang menyimpang dari norma dan nilai yang ada di masyarakat atau dapat dikatakan tidak sesuai dengan aturan, nilai, dan norma yang ada di masyarakat. Berdasarkan sifatnya, bentuk perilaku menyimpang terbagi menjadi 2 yaitu positif dan negatif. Perilaku menyimpang positif adalah penyimpangan yang memiliki dampak positif terhadap sistem sosial, karena mngandung unsur-unsur inovatif, kreatif, dan menambah wawasan. Misalnya yaitu emansipasi wanita yang memunculkan wanita karir.
Penyimpangan negatif adalah tindakan menyimpang yang menganggap rendah nilai-nilai sosial dan mengakibatkan hal buruk dan merugikan orang lain.
Berdasarkan ilustrasi pada soal, gadis Tiongkok tersebut melakukan tindakan menyimpang positif karena ia merupakan bagian dari emansipasi wanita, di mana suatu karir atau pekerjaan tidak hanya dilakukan oleh pria saja namun wanita juga bisa menjadi wanita karir atau menjalankan suatu pekerjaan.

Daftar isi