Breaking News

Nama senyawa berikut CH3-CH(CH3)-CH(CH3)-COH

Nama senyawa berikut
CH3-CH(CH3)-CH(CH3)-COH

Jawaban: Nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal.

Aldehida merupakan turunan alkana yang memiliki rumus molekul CₓH₂ₓO dan gugus fungsi -CHO. Aturan tata nama IUPAC aldehida adalah sebagai berikut:
1. Nama aldehida diambil dari nama alkana dan akhiran -a diganti dengan -al.
2. Penomoran aldehida dimulai dari atom karbon yang mengikat gugus fungsi -CHO.
3. Penulisan diawali dengan menyebutkan rantai cabang dan diikuti rantai utama.

Berdasarkan soal, penomoran dimulai dari kanan. Rantai utama terdiri dari 4 atom C, sehingga diberi nama butanal. Pada atom C nomor 2 dan 3 terdapat cabang metil, sehingga disebut 2,3-dimetil. Nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal. Penomoran dapat dilihat pada gambar terlampir ya.

Jadi, nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal.

Jawaban: Nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal.  Aldehida merupakan turunan alkana yang memiliki rumus molekul CₓH₂ₓO dan gugus fungsi -CHO. Aturan tata nama IUPAC aldehida adalah sebagai berikut: 1. Nama aldehida diambil dari nama alkana dan akhiran -a diganti dengan -al. 2. Penomoran aldehida dimulai dari atom karbon yang mengikat gugus fungsi -CHO. 3. Penulisan diawali dengan menyebutkan rantai cabang dan diikuti rantai utama.  Berdasarkan soal, penomoran dimulai dari kanan. Rantai utama terdiri dari 4 atom C, sehingga diberi nama butanal. Pada atom C nomor 2 dan 3 terdapat cabang metil, sehingga disebut 2,3-dimetil. Nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal. Penomoran dapat dilihat pada gambar terlampir ya.  Jadi, nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal.

Baca Juga :  Kerusuhan antarsuporter dalam liga Djarum Indonesia 2007, seperti suporter Persita Tangerang dengan Persita Jakarta Utara, dan suporter Persija Jakarta dengan Persib Bandung, merupakan contoh negatif perilaku masyarakat multikultural yang didasari ....