Nama senyawa berikut CH3-CH(CH3)-CH(CH3)-COH

Nama senyawa berikut
CH3-CH(CH3)-CH(CH3)-COH

Jawaban: Nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal.

Aldehida merupakan turunan alkana yang memiliki rumus molekul CₓH₂ₓO dan gugus fungsi -CHO. Aturan tata nama IUPAC aldehida adalah sebagai berikut:
1. Nama aldehida diambil dari nama alkana dan akhiran -a diganti dengan -al.
2. Penomoran aldehida dimulai dari atom karbon yang mengikat gugus fungsi -CHO.
3. Penulisan diawali dengan menyebutkan rantai cabang dan diikuti rantai utama.

Berdasarkan soal, penomoran dimulai dari kanan. Rantai utama terdiri dari 4 atom C, sehingga diberi nama butanal. Pada atom C nomor 2 dan 3 terdapat cabang metil, sehingga disebut 2,3-dimetil. Nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal. Penomoran dapat dilihat pada gambar terlampir ya.

Jadi, nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal.

Jawaban: Nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal.  Aldehida merupakan turunan alkana yang memiliki rumus molekul CₓH₂ₓO dan gugus fungsi -CHO. Aturan tata nama IUPAC aldehida adalah sebagai berikut: 1. Nama aldehida diambil dari nama alkana dan akhiran -a diganti dengan -al. 2. Penomoran aldehida dimulai dari atom karbon yang mengikat gugus fungsi -CHO. 3. Penulisan diawali dengan menyebutkan rantai cabang dan diikuti rantai utama.  Berdasarkan soal, penomoran dimulai dari kanan. Rantai utama terdiri dari 4 atom C, sehingga diberi nama butanal. Pada atom C nomor 2 dan 3 terdapat cabang metil, sehingga disebut 2,3-dimetil. Nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal. Penomoran dapat dilihat pada gambar terlampir ya.  Jadi, nama senyawa tersebut adalah 2,3-dimetilbutanal.

Baca Juga :  Tentukan nilai dari ⁶Log 12 jika diketahui ⁴log 3 = a Dan ³Log 2 = b​