Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ….

Perhatikan teks berikut!
Penyakit kronis adalah kondisi kesehatan manusia yang efeknya bertahan lama atau penyakit yang datang seiring waktu. Istilah kronis sering diterapkan ketika perjalanan penyakit berlangsung selama lebih dari tiga bulan. Penyakit kronis cenderung terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dan biasanya dapat dikendalikan, tetapi tidak sembuh. Namun, kini penyakit kronis juga banyak diderita pada paruh baya, bahkan anak muda. Jenis penyakit kronis yang paling umum adalah kanker, penyakit jantung, strok, diabetes, dan radang sendi. Ada banyak kondisi dan penyakit kronis lainnya yang berkontribusi signifikan terhadap beban penyakit pada individu, keluarga, masyarakat, dan negara. Contohnya termasuk gangguan mental, gangguan penglihatan dan pendengaran, penyakit mulut, gangguan tulang dan sendi, serta gangguan genetik.
Jantung merupakan satu di antara penyakit kronis. Ada banyak bentuk penyakit jantung. Penyakit jantung koroner juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner atau penyakit jantung iskemik adalah penyebab utama kematian secara gelobal. Penyakit jantung, meskipun dikenal selama berabad-abad, menjadi umum pada dekade awal abad ke-20 di negara-negara berpenghasilan tinggi. Selain jantung, strok juga termasuk penyakit kronis. Strok adalah penyakit otak yang disebabkan oleh gangguan pasokan darah. Strok dan penyakit jantung adalah penyakit kardiovaskular utama. Beberapa jenis strok dan kejadian akut biasanya disebabkan oleh proses penyakit jangka panjang sama yang menyebabkan penyakit jantung. Sebagian kecil dari kejadian akut disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah. Strok adalah penyakit kardiovaskular utama di banyak negara usia timur.
sumber: cot.liputan6.cos

Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ….
a. Penyakit kronis akan terjadi pada orang dewasa yang lebih tua dan biasanya dapat dikendalikan
b. Gangguan mental termasuk jenis penyakit kronis yang berkontribusi signifikansi
c. Hanya strok dan jantung yang termasuk penyakit kardiovaskular utama
d. Beberapa jenis jantung dan kejadian akut biasanya disebabkan oleh proses penyakit ringan
e. Strok adalah penyakit arteri koroner atau iskemik yang disebabkan gangguan darah

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah B.

Baca Juga :  tan 105° gunakan tan(225° - 120°)

Mari kita simak pembahasan berikut ini.

Informasi adalah kumpulan data berupa fakta yang diolah menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi pembaca atau pendengar. Informasi dapat disampaikan secara tersurat dan tersirat.

a) Informasi tersirat (implisit) adalah informasi yang tidak ada dalam bacaan. Informasi tersembunyi bisa didapatkan setelah membaca, memahami, dan menyimpulkan suatu teks.
b) Informasi tersurat (eksplisit) adalah informasi yang tertulis dalam teks dan dapat langsung diperoleh saat membaca suatu teks.

Dalam menentukan informasi dalam suatu teks, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan.
1. Baca keseluruhan isi teks.
2. Baca soal dan pilihan jawaban yang ada.
3. Cocokkan pernyataan di pilihan jawaban dengan informasi di teks.
4. Kutip pernyataan yang tepat untuk pilihan jawaban yang sesuai dengan soal.

Informasi dalam teks di atas disampaikan secara tersurat (eksplisit). Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah gangguan mental termasuk jenis penyakit kronis yang berkontribusi signifikansi.Hal tersebut dibuktikan dalam kalimat “Ada banyak kondisi dan penyakit kronis lainnya yang berkontribusi signifikan terhadap beban penyakit pada individu, keluarga, masyarakat, dan negara. Contohnya termasuk gangguan mental, gangguan penglihatan dan pendengaran, penyakit mulut, gangguan tulang dan sendi, serta gangguan genetik.”

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Daftar isi