Breaking News

Tentukanlah reaksi disproprsionasi dan konproporsionasi secara berturut turut adalah

perhatikan dua reaksi dibawah ini
1. C+ O2 → CO2
2. Fe2O3 + 3CO → 2Fe+3CO2
3. CaCO3+H2SO4 → CaSO4 + H2O + CO2
4. Cl2 + 2 NaOH → NaCl + NaClO+ H2O
tentukanlah reaksi disproprsionasi dan konproporsionasi secara berturut turut adalah
A. 1 dan 4
B. 4 dan 1
C. 3 dan 2
D. 2 dan 3
E. 2 dan 4

Jawaban yang tepat adalah:

Disproporsionasi adalah jenis khusus reaksi redoks di mana suatu unsur dari suatu reaksi mengalami oksidasi dan reduksi sekaligus membentuk dua produk yang berbeda, sedangkan Reaksi konproporsionasi adalah kebalikan dari reaksi disproporsionasi, yaitu persamaan reaksi redoks yang zat hasil reduksi dan zat hasil oksidasinya zat yang sama.

Reaksi disproporisonasi :
Cl2 + 2 NaOH → NaCl + NaClO+ H2O
Pada reaksi tersebut, atom Cl mengalami reaksi oksidasi dan reduksi sekaligus. Reaksi oksidasi Cl karena kenaikan biloks dari 0 pada spesi Cl2 menjadi +1 pada sepsi NaClO. Sedangkan, reaksi reduksi terjadi karena penurunan biloks dari 0 pada spesi Cl2 menjadi -1 pada spesi NaCl.

Reaksi konproporsionasi:
C+ O2 → CO2
Pada reaksi tersebut, atom C mengalami reaksi oksidasi dari biloks 0 pada spesi C, menjadi biloks +4 pada spesi CO2. Sedangkan, atom O mengalami reaksi reduksi dari biloks 0 pada spesi Cl2 menjadi -2 pada spesi O2. Jadi, zat hasil reduksi dan oksidasinya adalah sama yaitu CO2.

Jadi, yang merupakan reaksi disproporsionasi adalah reaksi ke-4 dan reaksi konproporsionasi adalah reaksi ke-1.

Baca Juga :  Tahapan pemberdayaan komunitas dimana masyarakat diberikan pemahaman persepsi baru tentang diri mereka sendiri, aspirasi mereka, dan keadaan umum lainnya. Dalam prosesnya meliputi proses belajar untuk secara utuh menghargai pemberdayaan dan tentang tuntutan diri oleh komunitas. Tahapan ini disebut dengan ...