Breaking News

Fase telefase 2

fase telefase 2

Pada telofase II, kromatid berkumpul pada kutub pembelahan lalu berubah menjadi kromatin kembali. Bersamaan dengan itu membran inti dan anak inti terbentuk lagi, dan sekat pemisah semakin jelas dihasilkan empat sel anakan yang bersifat haploid (n).

Meiosos adalah proses pembelahan sel dengan dua kali pembelahan yang menghasilkan empat sel anak, yang masing-masing memiliki separuh dari jumlah kromosom sel induk. Meiosis disebut pula pembelahan reduksi yang berarti terjadi
pengurangan jumlah kromosom. Pembelahan sel ini melalui dua tahap, yaitu meiosis I dan meiosis II. Salah satu tahapan meiosis yaitu ada telofase II.

Pada telofase II, terjadi peristiwa berikut ini:
1. Kromatid di kutub berubah menjadi benang-benang kromatin.
2. Membran nukleus dan inti haploid terbentuk.
3. Kromosom menipis dan memanjang menjadi benang-benang kromatin.
4. Terjadi sitokinesis sehingga terbentuk empat sel anakan haploid.

Dengan demikian, pada telofase II, kromatid berkumpul pada kutub pembelahan lalu berubah menjadi kromatin kembali. Bersamaan dengan itu membran inti dan anak inti terbentuk lagi, dan sekat pemisah semakin jelas dihasilkan empat sel anakan yang bersifat haploid (n).

Baca Juga :  Usi akan membuat kerangka kubus dengan menggunakan kawat yang panjangnya 18 meter. Jika ukuran sisi kubus adalah 15 cm, banyak kerangka kubus yang dapat dibuat Usi adalah ….