Pelopor karya seni rupa nusantara gaya romantisme adalah?

Pelopor karya seni rupa nusantara gaya romantisme adalah?

Pelopor karya seni rupa nusantara yang menggunakan gaya romantisme adalah Raden Saleh. Raden Saleh menggunakan gaya atau aliran lukisan romantisme pada karyanya yang berupa karya lukisan yang berjudul Penangkapan Pangeran Diponegoro yang merujuk pada peristiwa nyata yang memang terjadi masa lalu.

 

Pembahasan:

Seni Rupa merupakan suatu cabang seni yang membentuk sebuah karya seni dengan perantara media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Seni rupa dapat berupa seni pahat ataupun seni lukis. Dalam seni rupa banyak sekali aliran aliran yang ada salah satunya adalah aliran romantisme. Gaya Romantisme merupakan gaya lukisan yang menampilkan hal hal khayal dengan penuh fantasi, absurd, tetapi harus mengutamakan keindahan. Lukisan dengan gaya ini biasanya menggambarkan cerita romantis yang didalamnya terdapat tragedi dan dramatisasi. Seniman yang menganut aliran ini contohnya adalah Theobore dan Gerriwult.

 

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Suatu organisme diketahui mampu berinteraksi dengan cendawan sehingga menghasilkan struktur yang dapat dijadikan sebagai bioindikator udara yang bersih. hal yang benar mengenai organisme tersebut adalah ….