1. Apa perbedaan dan persamaan dampak sosiologi dan antropologi yang mempengaruhi kesehatan manusia? Berikan contoh! 2. Jelaskan dan contohkan pengaruh sosiologi dan antropologi terhadap pembangunan kesehatan di indonesia.

1. Apa perbedaan dan persamaan dampak sosiologi dan antropologi yang mempengaruhi kesehatan manusia? Berikan contoh!

2. Jelaskan dan contohkan pengaruh sosiologi dan antropologi terhadap pembangunan kesehatan di indonesia.

Berikut jawaban dua soal di atas:

(1) Perbedaan dampak sosiologi dan antropologi dalam mempengaruhi kesehatan manusia adalah sosiologi menekankan perbaikian perilaku kesehatan termasuk interaksi ideal antara pasien dan petugas kesehatan, penggunaan konsep serta metode sosiologis dalam menganalisis dan memecahkan persoalan kesehatan, menganalisis fakta sosial yang berkaitan dengan kesehatan dan lain-lain. Adapun antropologi kesehatan lebih berkaitan dengan kajian kebudayaan masyarakat dampaknya mempengaruhi bagaimana masyarakat memandang suatu penyakit, bagaimana kebudayaan tersebut mempengaruhi tindakan pemeliharaan kesehatan dan penyelesaian persoalan kesehatan dan lain-lain. Adapun persamaan keduanya adalah sama-sama menjadikan masyarakat sebagai objek kajian yang dalam konteks ini juga sama-sama mengerucut pada persoalan kesehatan.

(2) Contoh pengaruh sosiologi dan antropologi atas pembangunan kesehatan di Indonesia adalah:

  • Sosiologi: bisa dilihat dari berbagai jenis riset yang menggunakan pendekatan sosiologis dalam menganalisis dan memecahkan masalah kesehatan. Salah satu contoh riset tersebut adalah ‘Kajian Sosiologis Kesehatan Reproduksi Terhadap Perilaku Kesehatan Perempuan Perokok di Kota Surabaya). Beberapa di antara riset ini jadi acuan pemerintah dalam menetapkan suatu kebijakan.
  • Antropologi: contohnya berkembangnya pengobatan alternatif berbasis rempah-rempah di Indonesia yang dipengaruhi kebudayaan setempat. Pengobatan alternatif ini juga turut menjadi bagian dari perkembangan kesehatan di Indonesia.

Pembahasan

Soal berkaitan dengan dua cabang ilmu yang sama-sama menempatkan kesehatan sebagai kajiannya yakni sosiologi kesehatan dan antropologi kesehatan. Keduanya sulit dibedakan dan objek kajiannya hampir serupa. Oleh sebab itu lahir penggabungan keduanya yang sering disebut sosioantropologi kesehatan.

 

Baca Juga :  Persamaan simpangan gerak harmonik sederhana dinyatakan dengan y = 5 sin (2πt + ¼ π). Persamaan percepatan gerak harmonik tersebut adalah...

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com