Pakai tani pergi ke sawah matahari berada di ufuk timur kata hubung yg tepat adalah​

Pakai tani pergi ke sawah matahari berada di ufuk timur kata hubung yg tepat adalah​

Jawaban:

Pak Tani pergi ke sawah ketika matahari berada di ufuk timur.

Penjelasan:

Kata hubung disebut juga konjungsi. Digunakan untuk menghubungkan antarkata, antarfrasa, atau antarklausa.

Beberapa contoh kata hubung yang sering digunakan, antara lain dan, atau, dengan, bahwa, namun, meskipun, sedangkan, bahkan, oleh karena itu, untuk, seandainya, seumpamanya, serta untuk.

 

Konjungsi atau kata hubung dipakai untuk menghubungkan dua kata dalam kalimat, atau menghubungkan dua kalimat agar menjadi satu kesatuan utuh. Ada banyak sekali kata hubung atau konjungsi dalam bahasa Indonesia. Namun, secara garis besar, kata hubung bisa dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kata hubung intrakalimatantarkalimat, serta antarparagraf.

 

Kata hubung intrakalimat adalah kata yang menunjukkan hubungan antar unsur dalam kalimat.

Jenis konjungsi ini masih dibagi lagi menjadi dua, yakni:

– Konjungsi koordinatif

Merupakan konjungsi yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang memiliki status setara atau sederajat. Contoh konjungsinya, antara lain atau, tetapi, dan, sedangkan, melainkan, padahal, serta lalu.

– Konjungsi subordinatif

Merupakan konjungsi yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang tidak sama derajatnya. Contoh konjungsinya, antara lain sesudah, setelah, jika, andaikan, biar, supaya, seakan-akan, seolah-olah, meskipun, sebab, sehingga, sampai, bahwa, serta dengan.

 

Kata hubung antarkalimat adalah kata yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat atau lebih.

Beberapa contoh kata hubung antarkalimat, antara lain oleh karena itu, sebelum itu, akan tetapi, namun, kecuali itu, sesudah itu, dengan demikian, dan selain itu.

Karena berfungsi sebagai penghubung antarkalimat, letak konjungsi ini ada di awal kalimat atau setelah tanda titik, tanda seru, dan tanda tanya.

Baca Juga :  Koordinat titik R (-2, -6) terletak di kuadran.... a.Pertama b.Kedua c.Ketiga d.Keempat​

 

Kata hubung antarparagraf merupakan konjungsi yang menghubungkan paragraf sebelumnya dengan berikutnya. Karena berfungsi menghubungkan antarparagraf, jenis konjungsi ini terletak di bagian awal paragraf.

Beberapa contohnya, antara lain adapun, akan hal, mengenal, dalam pada itu, alkisah konon, sering, dan mengenai.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com