Apabila Anda mengamati komunitas semut di sekitar Anda, jangan heran jika Anda menemukan beraneka spesies hidup dalam area yang relative sempit. Sebagian besar semut berukuran kecil, yaitu dengan Panjang kurang dari 5mm. dengan tubuh kecil ini, sumber daya yang diperlukan untuk bertahan hidup relative kecil pula. Dengan demikian, lebih banyak populasi semut dapat bertahan hidup dalam daerah sempit dibandingkan dengan hewan-hewan yang berukuran lebih besar. Isi penggalan teks tersebut adalah…

Apabila Anda mengamati komunitas semut di sekitar Anda, jangan heran jika Anda menemukan beraneka spesies hidup dalam area yang relative sempit. Sebagian besar semut berukuran kecil, yaitu dengan Panjang kurang dari 5mm. dengan tubuh kecil ini, sumber daya yang diperlukan untuk bertahan hidup relative kecil pula. Dengan demikian, lebih banyak populasi semut dapat bertahan hidup dalam daerah sempit dibandingkan dengan hewan-hewan yang berukuran lebih besar.
Isi penggalan teks tersebut adalah…

Isi penggalan teks tersebut adalah semut dapat bertahan hidup di tempat yang sempit.

Mari cermati pembahasan berikut ini!

Ide pokok adalah isi atau inti pembahasan dari sebuah paragraf. Ide pokok bisa disebut juga gagasan utama, topik, tema, pokok pikiran, dan lainnya. Ide pokok bisa terletak di awal paragraf, di akhir, atau di awal dan di akhir (campuran). Ciri ide pokok di awal kalimat adalah mengungkapkan pernyataan umum, sedangkan ide pokok di akhir kalimat berisi kesimpulan, cirinya adalah terdapat kata seperti jadi, oleh karena itu, maka, dengan demikian, dan lain-lain.

Cara menentukan ide pokok adalah sebagai berikut.
1. Lihatlah kalimat terakhir paragraf! Apakah termasuk kesimpulan?
2. Jika tidak ada kesimpulan di akhir paragraf, maka ide pokok ada di awal paragraf.

Berdasarkan soal di atas, ide pokok terdapat di akhir kalimat karena kalimat akhir mengungkapkan kesimpulan yang berisi “Dengan demikian, lebih banyak populasi semut dapat bertahan hidup dalam daerah sempit dibandingkan dengan hewan-hewan yang berukuran lebih besar.”

Jadi, isi penggalan teks tersebut adalah semut dapat bertahan hidup di tempat yang sempit.

Semoga membantu ya:)

Baca Juga :  Yang merupakan proses daur hidup pada nyamuk adalah….