Tindakan korupsi adalah perilaku menyimpang yang bersifat struktural, merupakan bentuk penyimpangan

tindakan korupsi adalah perilaku menyimpang yang bersifat struktural, merupakan bentuk penyimpangan
A. kelompok
B. negatif
C. positif
D. sekunder
E. primer

Jawabannya adalah D. Sekunder

Yuk, simak penjelasannya!

Perilaku menyimpang adalah tindakan atau perbuatan yang melanggar nilai dan norma yang berlaku dalam suatu kelompok atau negara.

Berdasarkan bentuknya perilaku menyimpang dibedakan menjadi:
1. Penyimpangan Primer
Penyimpangan primer yaitu suatu perilaku seseorang yang menyimpang akan tetapi mempunyai sifat sementara. Penyimpangan sosial primer masih bisa diterima oleh masyarakat. Seseorang yang melakukan penyimpangan sosial primer biasanya tidak menyadari bahwa apa yang dia lakukan itu merupakan sebuah penyimpangan.

2. Penyimpangan Sekunder
Penyimpangan sekunder yaitu suatu perilaku seseorang yang menyimpang dan tidak bisa diterima oleh masyarakat setempat. Penyimpangan sekunder merupakan penyimpangan yang menuju ke tindakan kriminalitas sehingga masyarakat tidak menginginkan orang yang melakukan penyimpangan sekunder ini. Contohnya seperti tindakan korupsi.

Baca Juga :  Dini ingin menjual salad buah yang bahannya terdiri dari Melon, Anggur, dan Pepaya. Dini menghabiskan Rp19.000,00 untuk pepaya, Rp20.000,00 untuk Melon, dan Rp21.000,00 untuk anggur. Dari bahan yang dibeli, ia mampu membuat salad buah sebanyak 12 porsi. Jika Dini mengambil keuntungan sebanyak 60%, maka berapa harga salad buah yang harus ia jual untuk setiap porsinya?