Mengapa manusia harus melakukan pilihan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan?

Mengapa manusia harus melakukan pilihan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan?

Kebutuhan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia, dan hal ini lah sebagai manusia harus mampu menentukan pilihan untuk memenuhi beberapa kebutuhan hidupnya yang mana ini dikarenakan, kebutuhan hidup manusia ini sangat tidak ada batasnya. Sehingga kebutuhan  setiap manusia dalam menentukan kebutuhannya harus melakukan pilihan dimana yang kebutuhan pokok dan kebutuhan yang dapat dimiliki lain waktu atau kata lain kebutuhan alternatif.

 

Pembahasan

Kebutuhan merupakan keinginan manusia akan suatu benda atau jasa yang bisa memberikan kepuasan baik itu dalam bentuk jasmani maupun rohani. Pada kebutuhan manusia ini terbagi menjadi 4 bagian yaitu :

 

1.  Kebutuhan yang berdasarkan pada tingkat intensitas, pada kebutuhan ini terbagi lagi menjadi kebutuhan primer, sekunder, dan tersier.

  • kebutuhan primer merupakan jenis kebutuhan yang harus untuk dipenuhi untuk dapat bertahan hidup, bentuk kebutuhan ini seperti makanan, minum, tempat tinggal, dan pakaian.
  • kebutuhan sekunder merupakan jenis kebutuhan yang dapat dipenuhi setelah kebutuhan primer sudah terpenuhi semuanya. Bentuknya seperti sepeda, kulkas, dan lain sebagainya.
  • kebutuhan tersier merupakan jenis kebutuhan terkait pada barang-barang yang mewah atau dapat dikenal juga dengan kebutuhan tambahan, contohnya seperti mobil, perhiasan dan lain sebagainya.

2.  Kebutuhan yang berdasarkan sifat, ini terbagi menjadi dua bagian yaitu kebutuhan jasmani (makanan dan minuman) dan kebutuhan rohani (rekreasi dan berdoa).

3.  Kebutuhan berdasarkan pada subjek yang membutuhkan, ini terbagi menjadi dua yaitu terdapat kebutuhan secara individual dan kebutuhan umum.

4.  Kebutuhan berdasarkan pada waktu, ini terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu ada kebutuhan pada masa sekarang dan kebutuhan pada masa yang akan datang.

Baca Juga :  Proses peleburan antara sel telur dengan sel s p e r m a disebut ....

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com