Breaking News

Bacalah kutipan berikut! Burung Penyanyi merasa iba. la segera mencari cara untuk menghibur sahabatnya itu. “Teman, bagaimana kalau kau membuat gelembung – gelembung air dan aku bersenandung. kita lakukan bersamaan. suara yang dihasilkan pasti enak didengar.” Sifat burung Penyanyi dalam cerita di atas adalah …

Bacalah kutipan berikut!
Burung Penyanyi merasa iba. la segera mencari cara untuk menghibur sahabatnya itu. “Teman, bagaimana kalau kau membuat gelembung – gelembung air dan aku bersenandung. kita lakukan bersamaan. suara yang dihasilkan pasti enak didengar.”
Sifat burung Penyanyi dalam cerita di atas adalah …
A. rajin
B. pemalas
C. pemarah
D. baik hati

Pilihan jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah D.

Yuk, simak pembahasan berikut ini.

Salah satu unsur pembangun fabel adalah tokoh. Tokoh merupakan pelaku atau karakter di dalam sebuah cerita. Setiap tokoh tentu saja memiliki watak. Watak merupakan sifat yang melekat pada diri tokoh.

Terdapat dua cara pelukisan tokoh di dalam sebuah karya, yaitu:
1. Teknik analitik: Cara penampilan tokoh secara langsung melalui uraian, deskripsi atau penjelasan oleh sang pengarang.
Contoh: “Laki-laki bertubuh tegap itu adalah orang penyabar.”
2. Teknik dramatik: Cara penampilan tokoh secara tidak langsung, seperti melalui tanggapan tokoh lain, keadaan sekitar tokoh, dan dialog-dialog tokoh.
Contoh: “Meski raga tak sekokoh dulu, setiap hari perempuan itu terus mengumpulkan kayu-kayu kering itu.” Kutipan tersebut melukiskan seorang pekerja keras.

Sifat burung Penyanyi pada kutipan fabel di atas dilukiskan dengan teknik dramatik, yakni melalui tingkah laku tokoh. Pada kutipan “Burung Penyanyi merasa iba. la segera mencari cara untuk menghibur sahabatnya itu,” tokoh burung Penyanyi diceritakan sebagai tokoh yang baik hati karena ia sangat peduli dengan temannya yang sedang bersedih sehingga ia segera mencari cara untuk menghibur sahabatnya itu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Semoga membantu, ya.

Baca Juga :  Peninggalan masa hindu-budha yang saat ini masih dimiliki indonesia adalah candi borobuddur dan candi prambanan, yang berada di ..........