Upaya mewujudkan pokok pikiran persatuan dalam lingkungan bangsa dan negara antara lain melalui perilaku ….

Upaya mewujudkan pokok pikiran persatuan dalam lingkungan bangsa dan negara antara lain melalui perilaku ….

a. hidup rukun dengan saudara
b. ikut serta dalam belajar kelompok
c. ikut kerja bakti membersihkan lingkunan
d. menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar

Jawaban yang benar adalah C.

Berikut pembahasannya:

Di dalam pembukaan UUD 1945 terkandung beberapa pokok pikiran yaitu persatuan, keadilan sosial, kedaulatan rakyat, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.

Pokok pikiran pembukaan UUD 1945 merupakan gambaran harapan dari undang-undang itu sendiri, hal-hal mendasar yang menjadi prinsip bagi bangsa Indonesia dan tentunya ini menjadi kewajiban yang harus dijalani oleh setiap warga negara dengan perilaku positif.

Pada pokok pikiran persatuan memiliki makna bahwa negara siap melindungi bangsanya serta seluruh wilayah Indonesia dari paham-paham individualistic ataupun golongan. Sebagai warga negara Indonesia, masyarakat juga perlu menunjukkan sikap atau perilaku positif guna mendukung pokok pikiran persatuan ini, seperti ikut serta dalam kerja bakti membersihkan lingkunga. Tindakan ini menunjukan gambaran rakyat yang berupaya mewujudkan pokok pikiran persatuan dalam lingkungan bangsa dan negara.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

 

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut di Google News

ilmuantekno.com

Baca Juga :  Diketahui panjang sisi siku-siku pada suatu segitiga adalah 16 dan 30,maka panjang hipotenusa pada segitiga tersebut adalah