Kata perujukan adalah

kata perujukan adalah

Kata perujukan adalah kata yang digunakan untuk merujuk bagian teks sebelumnya maupun sesudahnya dalam suatu kalimat.

Untuk memahami alasannya, mari simak pembahasan berikut.

Kata perujukan adalah kata yang digunakan untuk merujuk bagian teks sebelumnya maupun sesudahnya dalam suatu kalimat.

Kata perujukan dibagi menjadi dua jenis menurut arah rujukannya, yaitu kata rujukan yang menunjuk hal yang telah disebutkan atau ke arah kiri (anaforis) dan kata rujukan yang menunjuk hal yang belum disebutkan atau kata rujukan ke arah kanan (kataforis).
1) Kata perujukan anaforis meliputi dia, ia, -nya, mereka, beliau, itu, ini, demikian, begitu, hal itu, ini, hal tersebut, situ, dan sana.
2) Kata perujukan kataforis meliputi berikut, berikut ini, ini, begini, demikian, yakni, dan yaitu.

Contoh penggunaan kata perujukan adalah:
“Membaca dapat mengalihkan perhatian seseorang dari penyebab stres. Hal ini disebabkan kegiatan membaca membuat seseorang fokus pada sesuatu yang dibacanya.”

Kata ‘ini’ pada contoh kutipan di atas merujuk pada kalimat sebelumnya, yaitu “Membaca dapat mengalihkan perhatian seseorang dari penyebab stres.”

Dengan demikian, kata perujukan adalah kata yang digunakan untuk merujuk bagian teks sebelumnya maupun sesudahnya dalam suatu kalimat.

Semoga membantu ya 😊

Baca Juga :  Dalam sebuah penjualan tiket penonton diketahui fungsi pendapatan penjual tiket f(x)=500x+20.000. Jika dana hasil penjualan tiket Rp50.000.000,00, tentukan nilai x.