Breaking News

Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepa\l · 3. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyusun resensi!

Jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepa\l ·

3. Jelaskan hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyusun resensi!

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyusun resensi adalah menentukan karya yang akan diresensi, memahami tujuan pengarang, mengetahui kelemahan dan kelebihan karya, dan menyiapkan kesimpulan resensi.

Simak penjelasan berikut.

Resensi adalah ulasan atau pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, film, atau karya yang lain.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menulis resensi, antara lain sebagai berikut.
(1) Menentukan karya yang akan diresensi. Karya yang diresensi dapat berupa buku, film, atau karya lainnya. Setelah menentukan karya, peresensi harus membaca atau memperhatikan detail dalam karya tersebut.
(2) Memahami tujuan pengarang. Saat membaca/menyimak karya, peresensi hendaknya menganalisis tujuan pengarang dalam menciptakan karyanya.
(3) Mengetahui kelemahan dan kelebihan karya. Resensi merupakan penilaian terhadap sebuah karya. Jadi, sangat penting bagi peresensi untuk memahami kelebihan dan kelemahan karya sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan pembaca resensi.
(4) Menyiapkan kesimpulan resensi. Kesimpulan resensi berisi imbauan kepada pembaca untuk ikut membaca/menyimak karya tersebut. Selain itu, peresensi juga harus menjelaskan kelayakan karya tersebut bagi sasaran pembacanya.

Dengan demikian, hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyusun resensi adalah menentukan karya yang akan diresensi, memahami tujuan pengarang, mengetahui kelemahan dan kelebihan karya, dan menyiapkan kesimpulan resensi.

Baca Juga :  Gangguan keamanan di laut dan udara yang mengganggu stabilitas keamanan wilayah nasional Indonesia merupakan salah satu bentuk ancaman