Berikut merupakan salah satu tahap reaksi pengolahan logam dari bijihnya: Fe2O3(s) + 3CO(g) → 2Fe(s) + 3CO2(g) Nama pengolahan unsur tersebut adalah

Berikut merupakan salah satu tahap reaksi pengolahan logam dari bijihnya:
Fe2O3(s) + 3CO(g) → 2Fe(s) + 3CO2(g)
Nama pengolahan unsur tersebut adalah
(A) Dow
(B) Deacon
(C) Frasch
(D) Hall-Herault
(E) Tanur tinggi

Jawaban yang benar adalah E.

Besi adalah unsur transisi yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari seperti perlatan rumah tangga, industri, kerangka mobil, pipa, bahan perkakas, pagar dan lain sebagainya.

Besi di alam terdapat dalam bentuk senyawanya terutama sebagai bijih besi yang mengandung hematit (Fe₂O₃) , limonit ( Fe₂O₃.H₂O), magnetit (Fe₃O₄), siderit (FeCO₃), pirit (FeS₂). Besi yang didapat dari hasil pengolahan bijih besi dapat dilakukan melalui tanur tinggi. Tanur merupakan suatu alat sejenis oven berukuran besar, berupa ruangan dengan penyekat termal yang dapat dipanaskan hingga mencapai suhu tertentu untuk pengeringan, pengerasan, ataupun perubahan kimiawi.

Pengolahan bijih besi menggunakan tanur tinggi yaitu besi dihasilkan dari oksida besi (Fe₂O₃), melalui reaksi reduksi dengan karbon monoksida (CO) pada suhu relatif tinggi (>15000 Celcius). Reaksi reduksi berlangsung dalam beberapa tahap dan reaksi yang terlibat bersifat reversible, di mana kesetimbangan bergantung pada tekanan relatif dari CO dan CO₂ dalam tanur tinggi.

Jadi, Nama pengolahan unsur besi (Fe) adalah tanur tinggi (E)

Baca Juga :  Uraikan dengan jelas dan rinci dalam 4 bagian ciri ciri teks eksplanasi​