Breaking News

Saya sedang berteman dengan orang yang berbeda suku, agama dan budaya ,nilai nilai Pancasila

saya sedang berteman dengan orang yang berbeda suku, agama dan budaya ,nilai nilai Pancasila

Jawaban yang tepat adalah menyikapi dengan bijak agar pertemanan berjalan dengan damai dan harmonis. Sikap bijak yang dapat dilakukan adalah dengan saling mentoleransi, saling menghargai dan menghormati, tidak memandang rendah teman, tidak membanggakan latar belakang/asal usul diri sendiri, dan lainnya. Perbedaan memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu walau berbeda-beda tetapi tetap satu.

Indonesia adalah negara yang kaya, baik dari segi sumber daya alam maupun keberagamannya. Ada beberapa bentuk keberagaman di Indonesia, mulai dari keberagaman suku, keberagaman agama, keberagaman ras, dan juga keberagaman anggota golongan. Keberagaman yang di sikapi dengan bijak dapat menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini tertuang dalam pancasila sila ke 3 yaitu persatuan Indonesia. Untuk menjaga pertanian dan kesatuan maka masyarakat harus memiliki sikap saling mentoleransi, saling menghargai dan menghormati, tidak memandang rendah teman, tidak membanggakan latar belakang/asal usul diri sendiri, dan lainnya.

Jadi, menyikapi dengan bijak agar pertemanan berjalan dengan damai dan harmonis. Sikap bijak yang dapat dilakukan adalah dengan saling mentoleransi, saling menghargai dan menghormati, tidak memandang rendah teman, tidak membanggakan latar belakang/asal usul diri sendiri, dan lainnya. Perbedaan memiliki semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu walau berbeda-beda tetapi tetap satu.

Baca Juga :  Sebuah balok mempunyai panjang=20 dm, lebar=2 m, tinggi=300 cm. Berapa m³ volumenya?