Titik dekat yang dapat dilihat mata normal adalah ….

Titik dekat yang dapat dilihat mata normal adalah ….
a. 20 cm
b. 23 cm
c. 25 cm
d. 27 cm

Jawaban yang benar adalah C. 25 cm.

Pembahasan:
Konsep yang kita gunakan adalah mata sebagai alat optik. Manusia memiliki dua batas daya akomodasi (jangkauan penglihatan) yaitu dekat dan jauh.
(1). Titik dekat mata (punctum proximum) adalah jarak benda terdekat di depan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk mata normal (emetropi) titik dekatnya berjarak 10 cm s/d 20 cm (untuk anak-anak) dan berjarak 20 cm s/d 30 cm (untuk dewasa). Titik dekat disebut juga jarak baca normal.
(2). Titik jauh mata (punctum remotum) adalah jarak benda terjauh di depan mata yang masih dapat dilihat dengan jelas. Untuk mata normal titik jauhnya adalah “tak terhingga”.

Titik dekat atau jarak terkecil minimal pandangan adalah titik terdekat dengan mata dimana benda masih terlihat jelas. Untuk mata normal jarak pandangan setidaknya sekitar 25 sentimeter.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.

Baca Juga :  1. monohibrid dominan tidak penuh (intermedient) di ailangkan tanaman bung merah dengan bunga kuning di hasilkan keturunan F1 tanaman bunga ungu, jika F1 di silangkan sesamanya bagaimana keturunan F2 nya? buatlah dengan diagramnya..