Kingdom Plantae terdiri dari Pteridophyta, Spermatophyta, dan Bryophyta. Ciri-ciri Bryophyta yang membedakan dengan Pteridophyta yaitu ….

Kingdom Plantae terdiri dari Pteridophyta, Spermatophyta, dan Bryophyta. Ciri-ciri Bryophyta yang membedakan dengan Pteridophyta yaitu ….
a. memiliki daun fertil dan daun steril yang berfungsi untuk membentuk spora
b. mengalami pergiliran keturunan, sporanya lebih dari dua macam
c. batang, akar, dan daun jelas, mempunyai kumpulan sporangium
d. gametofit berumur lebih panjang daripada sporofit, belum memiliki pembuluh angkut
e. mempunyai daun steril dan daun fertil yang berfungsi untuk membuat spora

Jawabannya adalah D.

Bryophyta adalah tumbuhan yang belum memiliki akar, batang dan daun sejati yang berkembang biak dengan spora. Pteridophyta adalah tumbuhan yang sudah memiliki akar, batang dan daun sejati yang berkembang biak dengan spora. Bryophyta dan pteridophyta mengalami pergiliran keturunan antara generasi sporofit dan generasi gametofit. Perbedaan antara bryophyta dan pteridophyta adalah:
1. Bryophyta belum memiliki akar, batang dan daun sejati sedangkan pteridophyta sudah memiliki akar, batang dan daun sejati.
2. Bryophyta belum memiliki pembuluh angkut, sedangkan pteridophyta sudah memiliki pembuluh angkut berupa xilem dan floem.
3. Pada bryophyta gametofit merupakan generasi dominan atau yang berumur lebih panjang, sedangkan pada pteridophyta sporofit merupakan generasi dominan atau yang berumur lebih panjang.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah D.

Baca Juga :  ASI adalah Air susu ibu yang harus diberikan pada sang anak dari mulai 0 hari sampai usia 2 tahun pada manusia. ASI memiliki keunggulan dan manfaat dilihat dari segala aspek, kecuali....