Citi penelitian kuantitatif

citi penelitian kuantitatif

Jawabannya adalah adanya intervensi terhadap subjek, data berupa angka, subjek penelitian banyak, terdapat jarak dalam interaksi antara peneliti dan subje penelitian, analisis data dilakukan setelah data terkumpul.

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang sistematis, terstruktur, tersusun mantap dari awal hingga akhir penelitian, dan cenderung menggunakan analisis angka-angka/statistik.

Berikut ini adalah ciri penelitian kuantitatif:
1. Ada intervensi terhadap subjek.
Peneliti kuantitatif akan melakukan intervensi terhadap realita sosial.
2. Data berupa angka.
Dalam penelitian kuantitatif data yang disajikan adalah berupa angka karena kuantitatif berfokus kepada hubungan dua variabel (X dan Y).
3. Memerlukan banyak subjek penelitian.
Tujuan dari penelitian kuantitatif adalah men-generalisasi suatu masalah, oleh sebab itu subjek penelitian yang dibutuhkan banyak.
4. Terdapat jarak dalam interaksi antara peneliti dan subjek penelitian untuk menjaga objektifitas penelitian.
5. Analistis data dilakukan setelah data terkumpul.
Analisis data dilakukan pada akhir proses penelitian setelah pengumpulan data dilaksanakan dan bersifat deduktif (dari umum ke khusus).

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ciri penelitian kuantitatif adalah ada intervensi terhadap subjek, data berupa angka, subjek penelitian banyak, terdapat jarak dalam interaksi antara peneliti dan subjek penelitian, analisis data dilakukan setelah data terkumpul.

Baca Juga :  Pembelian barang dagang yang dilakukan secara tunai akan dicatat dalam ....