Nabi Muhammad saw berdagang dengan cara yang berbeda dengan pedagang lain dan beliau mengatakan sesuatu apa adanya dan tidak pernah membohongi pembeli.

Perhatikan deskripsi berikut !
Nabi Muhammad saw berdagang dengan cara yang berbeda dengan pedagang lain dan beliau mengatakan sesuatu apa adanya dan tidak pernah membohongi pembeli. Apapun yang di katakan Nabi Muhammad saw selalu benar. Hal ini di ceritakan oleh Maisyaroh kepada Khodijah mengenai keluhuran budi pekerti nabi Muhammad saw.
Kisah tersebut menunjukkan bahwa nabi Muhammad saw mempeunyai sifat wajib …
a. Siddiq c. tabligh
b Amanah d. fathona

Jawaban yang tepat adalah A. Siddiq.

Yuk disimak penjelasannya.

Para rasul adalah seseorang yang dipercaya oleh Allah SWT untuk menyampaikan perintah dan ajaranNya. Seorang rasul memiliki sifat-sifat wajib yaitu siddiq, amanah, tabligh, dan fatanah.
– Siddiq berarti jujur karena rasul selalu mengatakan hal yang benar. Siddiq sendiri memiliki sifat mustahil yakni khizib (dusta).
– Amanah berarti dapat dipercaya dan tidak pernah mengingkari sesuatu, memiliki sifat mustahil yaitu khianat (tidak dapat dipercaya).
– Tabligh yang artinya menyampaikan (wahyu) kepada seluruh umat atau pengikutnya. Tabligh memiliki sifat mustahil yaitu kitman (menyembunyikan).
– Fatanah berarti cerdas agar seseorang rasul bisa menemukan solusi paling efektif untuk setiap masalah yang dihadapi. Sifat mustahilnya adalah baladah yang berarti bodoh.

Jadi, kisah pada soal menunjukkan bahwa nabi Muhammad saw mempunyai sifat wajib a. Siddiq.

Baca Juga :  Bangsa barat yang melakukan penjelajahan samudra dan pertama kali tiba di indonesia tahun 1512 adalah bangsa ....