Nanu menampilkan tari kreasi daerah dengan mengentak kaki dan mengeluarkan suara-suara dari mulut. lringan tari yang mengiringi tarian Nanu disebut iringan … .

Nanu menampilkan tari kreasi daerah dengan mengentak kaki dan mengeluarkan suara-suara dari mulut. lringan tari yang mengiringi tarian Nanu disebut iringan … .
a. internal
b. eksternal
c. musik
d. tradisional

Jawaban soal diatas adalah a. internal.

Cermati penjelasan berikut ya!
Musik iringan tari dapat diciptakan melalui berbagai jenis iringan di bawah ini :
– Iringan Eksternal
Iringan eksternal adalah iringan yang berasal dari luar penarinya. Iringan merupakan pedoman atau patokan penari dalam melakukan tarian agar penarinya bergerak sesuai ritme. Contohnya adalah permainan instrumen musik dan nyanyian penyanyinya yang menjadi pengiring tarian.

– Iringan Internal
Iringan internal adalah iringan yang berasal dari dalam penarinya sendiri. Contohnya tepukan tangan, menghentakkan kaki ke lantai dan penari Kecak mengeluarkan suara sebagai iringannya dengan pola, ritme, dan tempo yang sudah diatur.

– Iringan Kontras
Iringan kontras adalah iringan yang dihasilkan dari gerakan. Contohnya gerakan cepat atau dipadu dengan iringan musik yang kencang dan gerakan lambat atau lemah dipadu dengan iringan musik yang kecil dan mengalun.

– Iringan Harmoni
Iringan harmoni adalah iringan dengan menggunakan ekspersi dan ilustrasi musik yang mendukung suasana. Contohnya penari menunjukan ekspresi sedih pada saat tarian bertema berkabung, alunan musik riang untuk menggambarkan kebahagiaan.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah a. internal.

Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :  Pak Hadi memiliki tangki minyak berbentuk tabung dengan panjang diameter 2 m dan tingginya 1,4 m.mula-mula,tangki diisi minyak hingga penuh,tetapi karena bagian tangki ada yang bocor isinya tinggal 3/4 bagian.volume minyak yang tumpah karena bocor. adalah...liter