Sebutkan contoh peristiwa penguapan!

Sebutkan contoh peristiwa penguapan!

Jawabannya yaitu merebus air 100C, menjemur pakaian basah menjadi kering, penguapan gas freon dalam lemari es, dan alkohol ataupun spiritus yang diteteskan pada kulit tangan dapat menguap, pengeringan alami rambut basah setelah mandi, lantai dikeringkan secara bertahap setelah dipel, dan pembentukan awan di atas perairan sungai dan lautan.

Yuk simak penjelasan berikut ini!

Penguapan adalah perubahan fase atau bentuk zat dari bentuk cair ke gas. Contoh peristiwa penguapan yaitu merebus air 100C, menjemur pakaian basah menjadi kering, penguapan gas freon dalam lemari es, alkohol ataupun spiritus yang diteteskan pada kulit tangan dapat menguap, pengeringan alami rambut basah setelah mandi, lantai dikeringkan secara bertahap setelah dipel, dan pembentukan awan di atas perairan sungai dan lautan. Faktor yang menyebabkan penguapan seperti jumlah atau tinggi suhu kalor, luas permukaan zat, udara disekitar yang bisa menimbulkan dorongan terhadap suhu, dan juga tekanan permukaan (karena semakin rendah tekanan jarak partikel semakin rendah). Ada beberapa zat yang mudah menguap, antara lain spiritus, bensin, alkohol, dan lain-lain.

Jadi, contoh peristiwa penguapan adalah merebus air 100C, menjemur pakaian basah menjadi kering, penguapan gas freon dalam lemari es, dan alkohol ataupun spiritus yang diteteskan pada kulit tangan dapat menguap, pengeringan alami rambut basah setelah mandi, lantai dikeringkan secara bertahap setelah dipel, dan pembentukan awan di atas perairan sungai dan lautan.

Baca Juga :  Pesilat A melancarkan pukulan dengan tangan kanan lurus ke arah pesilat B. Pesilat B menangkis dengan menggunakan teknik tangkisan luar. Gerakan ini merupakan ….